Hati-Hati Tabarruj, Muslimah Wajib Hindari Hal ini

0
69
Hati-Hati Tabarruj, Muslimah Wajib Hindari Hal Ini.
Hati-Hati Tabarruj, Muslimah Wajib Hindari Hal Ini.

Ibadah.co.id Islam telah mengajarkan wanita agar menjaga kesucian dan kehormatannya dengan menutup aurat. Namun seiring perkembangan fashion, banyak muslimah yang mengenakan jilbab atau pakaian yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Hal inilah yang mengundang Tabarruj.

Dalam tafsir Al-Qurthubi, makna at-tabarruj yang artinya menyingkap dan menampakkan diri sehingga terlihat pandangan mata. Kini tabarruj menjadi fenomena yang tidak asing lagi bagi Muslimah.

  • Memakai jilbab yang justru menunjukkan perhiasan bagi wanita

Kini, tren fashion Muslimah semakin beragam dengan aksesoris atau perhiasan lainnya. Namun jilbab seperti itu dilarang dalam Islam karena pada dasarnya jilbab untuk menutupi kecantikan dan perhiasan. Sebagaimana firman Allah :

“Dan janganlah mereka (wanita-wanita yang beriman) menampakkan perhiasan mereka kecuali kepada suami-suami mereka, atau bapak-bapak mereka.” (An-Nuur/24: 31)

  • Mengenakan jilbab yang tidak menutupi seluruh tubuh

Artinya, hijab yang digunakan harus menutupi bagian atas tubuh (dada) bahkan menjulur sampai ke bawah kaki. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala : “Hendaknya mereka mengulurkan jilbab mereka ke seluruh tubuh mereka” (al-Ahzaab/33: 59).

Baca juga : Akibat Tolak Lamaran, Muslimah India Dibakar

  • Memakai jilbab yang transparan

Pemakaian jilbab yang tipis dan transparan dapat menampakkan bentuk tubuh. Pakaian ini dilarang dalam Islam sehingga harus dihindari.

  • Memakai wewangian berlebihan

Rasulullah melarang wanita yang keluar rumah memakai wangi-wangian apalagi bertujuan menarik perhatian lawan jenis.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Seorang wanita, siapapun dia, jika dia (keluar rumah dengan) memakai wangi-wangian, lalu melewati kaum laki-laki agar mereka mencium bau wanginya maka wanita itu adalah seorang pezina”.

  • Mengenakan pakaian syuhrah

Pakaian syuhrah adalah pakaian yang modelnya berbeda dengan pakaian wanita pada umumnya, dengan tujuan untuk membanggakan diri.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia maka Allah akan memakaikan kepadanya pakaian kehinaan pada hari kiamat (nanti), kemudian dinyalakan padanya api neraka”. (ALMANHAJ/EA)

Baca juga : Muslimah Amerika Protes Karena Dilarang Berjilbab