Tafsir Ar-Rahman Ayat 1 dan Artinya, Yang Maha Pengasih

0
28
Tafsir Al-Fatihah Ayat 5, Kepada Allah Hamba Menyembah dan Memohon Pertolongan
Tafsir Al-Fatihah Ayat 5, Kepada Allah Hamba Menyembah dan Memohon Pertolongan/Pixsabay

Ibadah.co.id – Tafsir Ar-Rahman ayat 1 yang memiliki arti hanya yang maha pengasih dapat kalian baca tafsirnya pada artikel ini.

Dikutip dari Quran Kemenag, Rabu (30/09) Surah Ar-Rahman uraian pada akhir Surah al-Qamar tentang keagungan kuasa Allah dan kesempurnaan kodrat-Nya disusul dengan penjelasan mengenai limpahan rahmat Allah kepada makhluk-Nya, yang disebutkan dalam Surah ar-Rahmàn.

Surah ini diawali dengan nama-Nya yang indah. Dialah Allah Yang Maha Pengasih kepada makhluk, baik jin, manusia, hewan, tumbuhan, dan lainnya dalam kehidupan mereka di dunia.

Tafsir Ar-Rahman Ayat 1 Kemenag

Pada ayat ini Allah yang Maha Pemurah menyatakan bahwa Dia telah mengajarkan Al-Qur’an kepada Muhammad saw yang selanjutnya diajarkannya ke umatnya.

Ayat ini turun sebagai bantahan bagi penduduk Mekah yang mengatakan: Sesungguhnya Al-Qur’an itu hanya diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad). (an-Nahl/16: 103). Oleh karena isi ayat ini mengungkapkan beberapa nikmat Allah atas hamba-Nya.

Maka surah ini dimulai dengan menyebut nikmat yang paling besar faedahnya dan paling banyak manfaatnya bagi hamba-Nya, yaitu nikmat mengajarkan Al-Qur’an kepada manusia.

Hal itu karena manusia dengan mengikuti ajaran Al-Qur’an akan berbahagia di dunia dan di akhirat dan dengan berpegang teguh pada petunjuk-petunjuk-Nya akan tercapai tujuan di kedua tempat tersebut.

Al-Qur’an adalah induk kitab-kitab samawi yang diturunkan melalui makhluk Allah yang terbaik di bumi ini yaitu Nabi Muhammad saw. (HN/Kontrtibutor)