Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Beri Bantuan Sebesar 500 Juta Dolar, Qatar Siap Rekonstruksi Gaza

1 109

Ibadah.co.id-Usai digempur Israel secara brutal selama 11 hari, kondisi Palestina sangat memprihatinkan mulai dari jumlah korban meninggal yang tak sedikit hingga hancurnya fasilitas layanan di Gaza.

Hal ini mendorong Qatar memberikan bantuan sebesar US$ 500 juta (Rp 7,1 triliun) untuk pembangunan kembali fasilitas-fasilitas yang hancur tersebut.

Seperti dilansir AFP, Kamis (27/5/2021), bantuan untuk Gaza itu diumumkan Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, via Twitter pada Rabu (26/5) waktu setempat.

“Negara Qatar mengumumkan US$ 500 juta sebagai dukungan untuk pembangunan kembali Gaza,” sebut Sheikh Mohammed dalam keterangannya.

Diketahui, Qatar merupakan pendukung utama kelompok Hamas, yang menguasai Gaza. Gencatan senjata disepakati oleh Hamas dan Israel, pekan lalu, setelah terjadi pertempuran sengit selama 11 hari sejak 10 Mei 2021.

Baca Juga : Pemimpin Hamas Kirim Surat Minta Hentikan Agresi Israel, Begini Respon Jokowi

Kantor berita Qatar, QNA News Agency, menyebut bahwa bantuan itu dimaksudkan untuk membantu warga Gaza dalam menghadapi tantangan hidup yang ditimbulkan oleh serangan Israel baru-baru ini, dan untuk berkontribusi dalam pembangunan kembali fasilitas layanan di Gaza.

Pertempuran antara Hamas dan Israel yang berlangsung selama 11 hari ini telah menewaskan 254 warga Palestina di Gaza, termasuk 66 anak. Lebih dari 1.900 orang di Gaza mengalami luka-luka akibat gempuran Israel.

Di kubu Israel dilaporkan sedikitnya 12 orang, termasuk satu anak, seorang remaja Arab-Israel, seorang warga India dan dua pekerja asal Thailand, tewas akibat rentetan roket yang ditembakkan Hamas dan militan lainnya di Gaza. Sekitar 357 orang lainnya di Israel mengalami luka-luka.

Pekan lalu, Mesir juga mengumumkan bantuan sebesar US$ 500 juta untuk Gaza. Sementara AS pekan ini menjanjikan bantuan sebesar US$ 75 juta (Rp 1 triliun) untuk pembangunan kembali Gaza.

AS juga menjanjikan US$ 5,5 juta (Rp 78,7 miliar) sebagai ‘bantuan bencana darurat’ untuk Gaza dan sekitar US$ 32 juta (Rp 458 miliar) untuk organisasi Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk pengungsi Palestina (UNRWA). (EA)

Baca Juga : Peduli Kemanusiaan, NU Care-LAZISNU Salurkan Bantuan untuk Warga Palestina

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Beri Bantuan Sebesar 500 Juta Dolar, Qatar Siap Rekonstruksi Gaza […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy