Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Survei Telkomsel: 72 Persen Pelanggan Berencana Mudik Lebaran

0 130

Jakarta, Ibadah.co.id – Sebanyak 72 persen pelanggan Telkomsel Enterprise, bagian dari Telkom Group berencana mudik saat libur Lebaran. Data ini didapat dari Survei “Ramadan Consumer Behaviour Insight 2023” yang diadakan Telkomsel Enterprise.

Telkomsel Enterprise melalui solusi tSurvey.id melihat sebagian besar responden yang akan mudik Lebaran mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

“Dengan dirilisnya hasil riset dan survei dari solusi tSurvey.id ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program pemasaran Ramadhan-nya sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2023,” kata Wakil Direktur Solusi Data Telkomsel Alfian Manullang, dilansir ANTARA, Selasa (4/4/2023).

Sebanyak 81 persen responden yang menjawab mudik Lebaran menggunakan transportasi umum mulai membeli tiket sekitar satu minggu hingga sebulan sebelum hari H Lebaran.

Sementara responden yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, 64 persen menyiapkan anggaran servis kendaraan hingga Rp1.000.000 dan 60 persen responden memilih bengkel resmi untuk servis kendaraan.

Selain soal mudik Lebaran, survei Telkomsel Enterprise juga mencakup kebiasaan pelanggan selama bulan Ramadhan. Survei menunjukkan bahwa 40 persen responden memilih masuk kerja tepat waktu dan pulang lebih cepat supaya bisa menikmati waktu menunggu berbuka puasa di rumah.

Sebanyak 45 persen memasak untuk berbuka puasa, sementara 36 persen menjawab menonton tayangan streaming sambil menunggu buka puasa.

Sekitar 60 persen responden lebih suka memasak sendiri untuk makanan yang disantap saat sahur dan berbuka puasa. Makanan beku menjadi salah satu alternatif untuk sahur (23 persen responden) sementara makanan yang dibeli lewat layanan pesan-antar menjadi favorit untuk berbuka puasa (30 persen).

Telkomsel juga menemukan masyarakat semakin sering beraktivitas di luar ruangan setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut. Sebanyak 45 persen responden memilih restoran dan kafe untuk berbuka puasa bersama, dengan anggaran antara Rp50.000 sampai Rp100.000.

Berkaitan dengan pengeluaran selama bulan Ramadhan, hampir 20 persen responden menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp,5 juta untuk berbelanja, paling banyak untuk makanan dan minuman. Selain itu, 52 persen responden menyiapkan anggaran khusus untuk bingkisan Lebaran senilai rata-rata Rp50.000 sampai Rp100.000 per bingkisan.

Survei “Ramadan Consumer Behaviour Insight 2023” melibatkan lebih dari 2.500 pelanggan Telkomsel yang berada di 27 provinsi di Indonesia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy