2 WNI Terindeks Corona, MUI Turun Tangan Keselamatan Umat

Sekretaris Jendral MUI, Anwar Abbas menanggapi virus corona di Indonesia-Republika
Sekretaris Jendral MUI, Anwar Abbas menanggapi virus corona di Indonesia-Republika

Ibadah co.id – Virus corona atau (covid19) terindeks di Indonesia. Melalui pengumuman resmi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) setelah mendapatkan laporan 2 WNI asal Depok menjalin kontak dengan warga negara Jepang yang positif virus corona.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas turun tangan dalam pecegahan dan kesalamatan umat dengan mengajak umat Islam untuk mengikuti arahan dokter dan tim medis lain agar virus corona tidak menyebar ke umat yang lainnya.

“Karena itu, nasihat dari para dokter dan para ahlinya sangat patut untuk kita dengar dan kita perhatikan. Agar virus ini tidak membawa akibat-akibat yang tidak kita inginkan baik bagi yang bersangkutan maupun bagi orang lain,” katanya Senin (2/3) pada media, yang dilansir di Republika.

Beliau juga mengatakan, “Virus corona di Indonesia adalah musibah. Maka, sebagai umat muslim agar bertobat dan mendekatkan diri pada Allah (jika diketahui gejala-gejalanya),” tambahnya.

Selain himbauan di atas, Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) Fatwa MUI KH Shalahudin Al Ayub dilansir Liputan6 agar umat Islam melakukan amalan Qunut Nazila, yaitu dilakukan sebelum sujud rakaat terkhir pada shalat wajib lima waktu. Faedah Qunut Nazila, dapat meminta perlindungan dari marabahaya, termasuk virus corona. (HN/Kontributor)