Cara menghidupkan Bulan Ramadhan dengan Hal Positif

Ibadah.co.id-Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah. Di bulan ini, Allah membuka pintu rahmat serta pengampunan-Nya kepada setiap hamba yang ingin bertobat. Maka, menghidupkan hal yang positif di bulan Ramadhan, akan berdampak positif pula kepada kita di bulan selanjutnya.

Sementara, Ramadhan tahun 2020 berbeda dengan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, orang berbahagia dengan berkumpul bersama, sekarang difokuskan pada kegiatan secara personal. Sebab, mewabahnya covid-19 di berbagai dunia, memicu pemutusan mata rantai melalui kebijakan larangan keluar rumah atau #dirumahaja.

Namun, kegiatan personal di rumah bukan meminimkan semangat kita untuk menghidupi bulan Ramadhan tahun ini. Di sini ada beberapa cara menghidupkan bulan Ramadhan, di antaranya:

  1. Puasa

Puasa adalah rukun Islam yang ketiga. Esensi  puasa itu sendiri bermakna menahan makan dan minum dari terbit fajar shadiq sampai terbenamya matahari. Menghidupkan puasa Ramadhan menciptakan momen kenikmatan tersendiri, di antaranya: mampu mengontrol amarah, terciptanya kebahagian saat berbuka puasa, dan sebagai penghapus dosa yang dilakukan dengan keimanan dan ketakwaan sebagaimana Firman Allah Swt:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

  1. Memperbanyak Baca Al-Quran

Memperbanyak membaca al-Quran di bulan Ramadhan ini dapat mengumpulkan pahala dari setiap satu huruf Al-Quran. Sementara itu, Al-Quran dapat menjadi penolong di hari kiamat kelak, sebagaimana hadis Nabi Muhammad Saw:

“Bacalah Al-Quran, sesungguhnya ia datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya, yaitu: orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkan.” (HR. Muslim).

  1. Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Lalilatul Qadar adalah malam yang mulia di bulan Ramadhan yang mampu melebihi malam 1000 bulan. Adapun pendapat yang paling kuat, bahwa terjadinya malam Lailatul Qadar terjadi di hari terakhir bulan Ramadhan, terlebih pada malam-malam ganjil, yaitu: 21, 23, 25, 27, dan 29.

  1. Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah shalat yang sunnah khusus dikerjakan di bulan Ramadhan. Rasulullah menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk menghidupkan bulan Ramadhan dengan amalan-amalan yang positif seperti hal shalat tarawih.

  1. Memperbanyak Zakat

Zakat merupakan rukun Islam yang keempat sesudah puasa dan shalat. Zakat menurut syariat Islam ialah kadar harta dengan persyaratan tertentu yang diwajibkan Allah kepada pemiliknya untuk diserahkan kepada yang berhak menerima dengan persyaratan tertentu pula. Untuk umat muslim di seluruh negeri pada Ramadhan ini dianjurkan untuk menunaikan kewajiban zakat semata-mata meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. (HN/Kontributor)