Take a fresh look at your lifestyle.

Gus Yahya Letakan Batu Pertama Pembangunan RSNU di Jember

2 18

Ibadah.co.id –Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf bersama Bupati Jember Hendy Siswanto hadiri peresmian pembangunan Rumah Sakit Nahdhatul Ulama (RSNU) di Jember Jawa Timur, Rabu (18/5/2022). Dalam kesempatan tersebut, Gus Yahya dan bupati Jember meletakkan batu pertama RSNU di Jember.

“Mudah-mudahan rumah sakit NU ini segera terwujud dan memberikan manfaat tidak hanya untuk warga NU tapi juga masyarakat pada umumnya,” kata Gus Yahya.

Saat awal berdiri, NU didirikan khusus urusan agama. Para muazis pendiri NU, belum berfikir untuk urusan lain selain keagamaan. Bagaimana para kiai NU saat itu lebih memberdayakan diri untuk membimbing umat khususnya dalam hal agama.

“Mungkin dulu para muazis belum kepikiran mendirikan Rumah Sakit, Kampus atau bahkan BUMNU (Badan Usaha Milik NU),” kata Gus Yahya.

Namun, kata Gus Yahya, bimbingan pada umat semakin lama semakin meluas. Masalah hidup, juga tentang kesehatan juga sering dikeluhkesahkan pada kiai.

“Kalau sekarang NU mendirikan Rumah Sakit, Ini merupakan bawaan dari tradisi kekiaian. Kiai ini rujukan bagi para jamaahnya, apa saja juga mewadulkan (mengeluhkan) tentang penyakit juga segala macam hajat hidup. Jadi wajar sekarang NU mendirikan Rumah Sakit,” ujarnya.

Jika dulu orang sakit datang ke kiai untuk mendapatkan doa, sekarang mereka datang juga untuk mendapatkan perawatan medis di RSNU.

“Ada tanggung jawab kepada masyarakat yang mempercayakan masa depan kehidupannya kepada NU. Berdasarkan survei mutakhir Alvara hasilnya 50,5 persen dari seluruh penduduk muslim Indonesia mengaku sebagai pengikut NU. Dan ini harus dilayani,” kata dia.

Namun tugas utama melayani umat sebenarnya ada di tangan pemerintah. NU sifatnya adalah membantu program pemerintah.

“Sekarang saatnya NU membantu pemerintah untuk pelayanan dasar bagi seluruh warga. Rumah Sakit Nu ini bagian dari itu,” kata Gus Yahya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

2 Comments
  1. […] Baca juga : Gus Yahya Letakan Batu Pertama Pembangunan RSNU di Jember […]

  2. […] Baca juga : Gus Yahya Letakan Batu Pertama Pembangunan RSNU di Jember […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy