Ibadah Online Di tengah Pandemi COVID-19

0
125

Ibadah.co.id – Tak lama lagi, jutaan orang akan mulai merayakan Ramadan. Tahun ini, hari libur keagamaan yang penting akan terasa sangat berbeda. Karena organisasi keagamaan di seluruh dunia mencari cara baru untuk merayakannya dengan aman. Dalam rangka mengurangi penyebaran COVID-19 ibadah online adalah salah satu solusi.

Dalam masa sulit ini, penting untuk kita terus terhubung satu sama lain dan merasakan bagian dari komunitas yang lebih luas, bahkan dari rumah. Sementara beberapa organisasi agama telah menggunakan digital untuk terhubung dengan umat mereka selama bertahun-tahun.

Tahun ini rekomendasi untuk tinggal di rumah akan menjadikannya penting bagi gereja, sinagog, masjid, keluarga, dan individu untuk menemukan cara baru untuk berkumpul bersama, ibadah Online. Pergeseran telah dimulai – sejak awal Maret, total subscribers dari semua kanal Berita Vatikan telah meningkat lebih dari dua kali lipat.

Untuk membantu organisasi agama di mana saja yang baru memulai layanan Online, YouTube telah mengumpulkan informasi bermanfaat untuk memulai live streaming.

Vatikan menyiarkan langsung semua layanan tri hari suci dari Basilika Santo Petrus dalam memperingati Paskah pekan ini. Di Indonesia, banyak gereja mengadakan siaran langsung untuk umat mereka, salah satu contohnya, Keuskupan Agung Jakarta menyediakan banyak cara untuk tetap terhubung, melaksanakan Ibadah dan merayakan secara Online.

Selain itu, penyanyi opera terkenal Andrea Bocelli juga akan tampil langsung di 7 malam CET pada hari Minggu, 12 April dari Katedral bersejarah di Milan, Katedral Duomo, tersedia secara eksklusif di YouTube. Konser yang berjudul, “Music For Hope,” akan mewakili pesan cinta, penyembuhan dan harapan untuk Italia dan dunia.

Perayaan Ramadan tahun ini pun diprediksi akan bergeser ke Platform YouTube. Menunaikan Ibadah dari rumah untuk seluruh komunitas lintas agama di seluruh dunia menjadi sesuatu hal yang bisa diterima dalam masa pandemi ini. (RB)