Iran Beri “Tamparan” Pada AS, Tak Ada Korban dari Tentara Irak

0
202
Iran Beri “Tamparan” Pada AS, Tak Ada Korban dari Tentara Irak
Iran Beri “Tamparan” Pada AS, Tak Ada Korban dari Tentara Irak

Ibadah.co.id, Teheran –Ayatollah Ali Khamenei, Pimpinan spiritual Iran, memberikan statemen bahwa pihaknya sudah memberikan  ‘tamparan’ pada ‘muka’ Amerika Serikat dengan menembakkan rudal ke markas tentara AS di Irak.

“Semalam, sebuah tamparan di wajah telah diberikan,” tegas Khamenei dalam pidato terbaru yang disiarkan langsung oleh televisi nasional Iran, seperti dilansir AFP dan CNN, Rabu (8/1/2020).

Serangan itu rudal yang dinamai rudal milisi Soleimani Iran pada Rabu (8/1) dini hari waktu setempat. Serangan rudal Iran ini sebelumnya disebut sebagai balasan atas serangan drone AS yang menewaskan Mayor Jenderal Qasem Soleimani, Komandan Pasukan Quds pada Garda Revolusi Iran.

Kedua belah pihak akui adanya serangan rudal terhadap pangkalan udara Ain al-Asad dan pangkalan militer Arbil. Dalam pernyataan terbaru, militer Irak mengakui sedikitnya 22 rudal mengenai dua pangkalan militer tersebut, dengan rincian 17 rudal di Ain al-Asad dan lima rudal di Arbil.

Tak Ada Korban dari Militer Irak

Militer Irak memastikan tidak ada tentaranya yang menjadi korban serangan rudal Iran yang ditargetkan terhadap markas tentara Amerika Serikat (AS). Namun tidak diketahui pasti soal korban jiwa dari pihak tentara asing yang ditugaskan di Irak.

“Tidak ada korban di antara pasukan Irak,” tegas militer Irak dalam pernyataan terbaru seperti dilansir AFP, Rabu (8/1/2020).

Dalam pernyataannya, militer Irak hanya menyebutkan bahwa 22 rudal balistik mengenai dua pangkalan militernya pada Rabu (8/1) dini hari, sekitar pukul 01.45 waktu setempat hingga pukul 02.15 waktu setempat. Militer Irak tidak menyebut langsung Iran dalam pernyataannya.

Namun dari keterangan pejabat tinggi dari kota Arbil menuturkan bahwa tidak ada pangkalan militer AS maupun Konsulat AS di wilayah itu yang terkena serangan rudal. Pejabat tinggi yang tidak disebut namanya itu juga menyatakan tidak ada korban jiwa akibat serangan rudal di Arbil. (ed.AT/ibadah.co.id/DC)