Jadi Kue Khas Lebaran, Ini Fakta Unik Dibalik Kue Nastar

Jadi Kue Khas Lebaran, Ini Fakta Unik Dibalik Kue Nastar
Jadi Kue Khas Lebaran, Ini Fakta Unik Dibalik Kue Nastar

Ibadah.co.id –Siapa yang tak kenal “Kue Nastar”? Kue satu ini menjadi kudapan khas yang selalu disajikan saat lebaran. Kue Nastar merupakan sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Dibalik rasanya yang lezat, ternyata ada 5 fakta unik dari Kue Nastar.

Kue Nastar Pertama kali dibuat oleh Peranakan

Peranakan adalah orang yang pertama kali membuat kue kering berisi selai nanas. Mereka adalah keturunan imigran China yang datang ke semenanjung Melayu yang meliputi Hindia Belanda dan Malaya Britania.

Saat itu, orang-orang Peranakan terinspirasi dari para imigran Portugis yang mahir membuat kue tar dan kue kering. Terlebih, di wilayah tersebut banyak perkebunan nanas, sehingga terciptalah kue nastar untuk pertama kali.

Kue Nastar Punya Nama Lain

Di Indonesia kue ini disebut dengan kue nastar, namun ada penyebutan lain dari bahasa Belanda, yakni ananas taartjes atau yang artinya kue tart dari nanas. Dalam bahasa Inggris, nastar juga disebut dengan pineapple tarts, nanas tart, atau pineapple nastar roll.

Tak Hanya Muncul Saat Lebaran

Meski identik dengan kue Lebaran, tetapi kue nastar juga setia hadir dalam setiap perayaan lintas etnis dan agama di negara rumpun melayu. Nastar juga menjadi sajian wajib saat Imlek dan Natal, lho. Tak heran, banyak orang yang mencari nastar saat hari raya dari agama selain Islam.

Dianggap Sebagai Keberuntungan

Keturunan etnis China percaya bahwa nastar merupakan makanan yang menjadi sumber keberuntungan, kemakmuran, dan rezeki. Hal ini juga menjadi alasan mengapa nastar menjadi kue yang harus ada saat Tahun Baru Imlek. Etnis China menyebut nastar dengan dialek Hokkien yakni ong lai yang berarti keberuntungan datang.

Hati-Hati, Kue Nastar Tinggi Kalori!

Tahukan kamu jika kue nastar ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi. Melihat bahan utamanya, enam kue nastar bisa mengandung sekitar 86 kalori atau setara dengan tiga mangkuk nasi. Jadi, batasi konsumsi nastar saat Lebaran nanti, ya. (EA)

Baca Juga : Benarkah Kurma Makanan Para Astronot? Simak 7 Fakta Unik Seputar Kurma

Baca Juga : Menangis Dapat Membatalkan Puasa, Benarkah?