Janji Menag: Anggaran Kuota Data Internet Gratis Madrasah Solusi Pendidikan Daring

0
7
Janji Menag: Anggaran Kuota Data Internet Gratis Madrasah Solusi Pendidikan Daring
Janji Menag: Anggaran Kuota Data Internet Gratis Madrasah Solusi Pendidikan Daring/ /

Ibadah.co.id – Menteri Agama Fachrul Razi menjanjikan anggaran kuota data internet gratis untuk madrasah sebagai solusi pendidikan daring.

Pihaknya telah menganggarkan dan diberikan kepada sejumlah para siswa dan guru pendidikan di bawah Kementerian Agama sebagai  dampak langsung terhadap efektivitas pembelajaran.

“Harus bisa pastikan anggaran pendidikan yang kita kelola betul-betul punya dampak langsung terhadap efektivitas pembelajaran anak-anak kita,” kata Menag di Jakarta, dikutip dari Antara News, Jumat (20/11).

Menag menyampaikan hal tersebut dalam pengumuman keputusan bersama panduan penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi COVID-19 yang dilaksanakan secara daring.

Menag menilai pendidikan secara daring di masa pandemi sangat efektif untuk dilakukan. Mengingat laju virus di Indonesia masih terus berlanjut sampai sekarang.

Oleh karenanya, Menag telah menganggarkan bantuan kuota data internet gratis madrasah kepada sejumlah siswa dan guru untuk tetap melangsungkan pendidikan dalam kondisi seperti ini.

“Baik masih ada pandemi atau tidak, saya betul-betul berharap permasalahan tadi jadi titik tolak untuk membuatkan peta jalan pengembangan digitalisasi pendidikan yang sistematik,” katanya.

Menag Fachrul Razi menambahkan lebih dari 10 juta siswa di bawah Kemenag menjalani pendidikan secara daring dari rumah.

Kemenag juga telah melakukan beberapa upaya seperti platform e-learning sebagai upaya para guru melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) dari rumah.

Menag telah bekerja sama dengan operator telekomunikasi untuk memberikan bantuan subsidi kuota data internet gratis madrasah di bawah Kemenag. (HN/Kontributor)