Arab Saudi Tutup Visa Umrah Indonesia, Menag: Hoax

0
4
Arab Saudi Tutup Visa Umrah Indonesia, Menag: Hoax
Arab Saudi Tutup Visa Umrah Indonesia, Menag: Hoax/PMJNews/

Ibadah.co.id – Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi membantah soal visa umrah Indonesia dari Arab Saudi ditutup.

Adapun alasan penutupan ini disebabkan pemberangkatan calon jamaah umrah Indonesia belasan terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian, beredar informasi terkait penutupan visa umrah Indonesia ditutup dari pemerintah Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memberikan klarifikasi terkait pemberitaan penghentian permohonan visa umrah oleh pemerintah Arab Saudi. Menurut keterangan Kemenlu, penyetopan hanya diperuntukan bagi visa turis.

“Soal umrah ditutup, insya Allah sejauh ini hanya hoax saja,” tegas Fachrul saat menggelar rapat dengan DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, dikutip PMJNews, Kamis (19/11)

Menag Facrul Razi menegaskan bahwa kasus tersebut adalah hoax. Pemerintah Arab Saudi tidak menutup pemberangkatan umrah dari Indonesia.

Menag menginformasikan akan memberangkatkan jamaah umrah Indonesia gelombang 2 pada hari 22 November 2020 mendatang.

“Yang jelas insya Allah tanggal 22 November ini ada masuk gelombang kedua, akan berangkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Umrah Asosiasi Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria memastikan visa umrah resmi terbit hari ini, Kamis (19/11) dari pemerintah Arab Saudi.

“Alhamdulillah per hari ini tanggal 19 November 2020, visa jamaah umrah Indonesia sudah mulai terbit Insya Allah akan berangkat di tanggl 22 November,” tuturnya melalui pernyataannya.

Amphuri mengucapkan kepada Pemerintah Arab Saudi dan Kementerian Agama terkait umrah di masa pandemi. Pihaknya akan terus melakukan upaya dan koordinasi untuk melakukan pengiriman umrah sesuai dengan pedoman di masa pandemi. (HN/Kontributor)