Kiai Nur Hannan Terpilih Sebagai Ketua Asosiasi Ma’had Aly

Kiai Nur Hannan Terpilih Sebagai Ketua Asosiasi Ma’had Aly
Kiai Nur Hannan Terpilih Sebagai Ketua Asosiasi Ma’had Aly

Ibadah.co.id – Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (AMALI) pada tanggal 22-23 Juni 2021 menggelar Musyawarah Nasional (Munas). Salah satu tujuannya adalah memilih ketua AMALI yang baru. Dalam kegiatan itu terpilihlah KH Nur Hannan Mudir sebagai ketua baru.

Seperti dilansir republika.co.id pada 4/7/21, salah satu kiai Pondok Pesantren Tebuireng, KH Nur Hannan Mudir baru saja terpilih sebagai Ketua Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (AMALI) untuk periode 2021-2026. Kiai Hannan terpilih secara aklamasi pada sesi pemilihan ketua dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) AMALI yang digelar pada 22-23 Juni 2021.

Sebelum pemelihan, terlebih dahulu dijelaskan materi tentang mekanisme pemilihan ketua oleh ketua sidang. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua.

“Alhamdulillah secara aklamasi peserta sidang memilih dan menyetujui saya sebagai Ketua AMALI periode 2021-2026,” ujar Kiai Hannan kepada Republika.co.id, Sabtu (3/7).

Munas AMALI tersebut mengangkat tema “Urgenitas Percepatan Pembentukan Majelisnya Masyayikh dan Dirjen Pesantren sebagai bentuk implementasi UU Pesantren 2019.” Acara yang digelar secara luring dan daring tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Agama, H. Yaqut Cholil Qoumas melalui video zoom meeting.

Untuk memajukan Ma’had Aly di seluruh Indonesia, Kiai Hannan pun telah memprioritaskan beberapa program AMALI dalam jangka pendek. Pertama, kata dia, AMALI akan mengawal Kementerian Agama RI dalam membentuk Majlis Masyayikh sebagai Lembaga Penjaminan Mutu Eksternal Pendidikan Pesantren sebagaimana amanat UU tentang Pesantren.

Kedua, Kiai Hannan mendukung Kementerian Agama RI untuk membentuk Dirjen Pesantren dalam rangka optimalisasi layanan dan fasilitasi terhadap pesantren untuk menjalankan fungsinya dalam bidang pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat

“Sedangkan prioritas program jangka panjang, yaitu akan mengoptimalisasi program kerja yang telah dirumuskan oleh pengurus AMALI periode sebelumnya dalam rangka menjadikan Ma’had Aly di Indonesia sebagai lembaga kaderisasi ulama yang lebih mandiri dan berdaya saing,” kata Mudir Mahad Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng ini. Ketua AMALI sebelumnya dijabat oleh KH Abdul Djalal dari Ma’had Aly Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Menjelang akhir kepengurusannya, Kiai Abduk Djalal meninggal dunia pada Kamis 1 Oktober 2020 di RS Umum Bondowoso, Jawa Timur. (RB)