Launching The New Istiqlal, Wapres : Jadi Pusat Peradaban Islam

2
12
Launching The New Istiqlal, Wapres : Jadi Pusat Peradaban Islam
Launching The New Istiqlal, Wapres : Jadi Pusat Peradaban Islam

Ibadah.co.id –Dalam Milad ke-43 Masjid Istiqlal (22 Februari 1978-22 Februari 2021), Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin melaunching Program The New Istiqlal secara virtual pada Senin (22/2) malam.

Dengan mengusung tema “Memberdayakan Umat Untuk Kemajuan Bangsa” ini digelar secara daring dan luring dan disiarkan melalui kanal Masjid Istiqlal TV.

Dilansir dari kemenag.go.id, Wapres Ma’ruf mengatakan, Masjid Istiqlal selama ini telah berfungsi sebagai masjid dalam makna tradisional, bahkan telah menunjukan fungsi sosial dan politiknya dalam perjalanan bangsa. Masjid ini telah berdiri kokoh sejak 1978 silam dan menjadi simbol peradaban Islam Indonesia.

“Saatnya kini Istiqlal mengembangkan perangkat lunaknya untuk menjadikannya sebagai pusat gagasan dan gerakan pembangunan peradaban serta budaya Islam di Indonesia,” ujar Wapres Ma’ruf.   

Wapres juga mengapresiasi rencana dibangunnya terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katederal sebagai representasi umat Nasrani yang menjadi simbol kerukunan dan kebhinekaan Indonesia.

“Saya berharap peran dan kontribusi Istqilal sebagai masjid negara, dalam memberikan contoh kepada masjid lainnya, utamanya dalam menebarkan kesejukan dan kedamaian, merawat harmoni dan keutuhan dengan konsisten dakwah yang wasatiyah rahmatan lil alamin menuju Indonesia yang lebih maju,” tandas Wapres.    

Ia juga turut mengucapkan selamat atas Milad ke-43 Masjid Istiqlal tersebut dan berharap agar seluruh pengurus dan pengelola dapat mewujudkan Masjid Istqilal sebagai kiblat masjid di Tanah Air.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar menambahkan, Presiden Jokowi telah meresmikan renovasi besar-besaran mesjid istqilal pada (7/1) lalu. 

“Kita sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena 43 tahun Masjid Istiqlal berdiri baru kali pertama ini tersentuh renovasi,” tutur Nasaruddin.

“Melalui Kepres yang mengangkat langsung Imam Besar dan pengaturan masjid, Insya Allah Masjid Istiqlal ke depan mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan dunia Islam,” sambungnya.

Terdapat 41 program dari “New Istiqlal”, di antaranya Majelis Mudzakarah dengan menghimpun para ulama besar, pengkaderan ulama perempuan, pusat wisata religi, pusat moderasi beragama dan program lainnya. (EA)