Akhirnya, Israel Berencana Longgarkan Blokade di Gaza

Akhirnya, Israel Berencana Longgarkan Blokade di Gaza
Akhirnya, Israel Berencana Longgarkan Blokade di Gaza

Ibadah.co.id- Israel berencana melonggarkan blokade di Gaza, terutama dalam memberikan perluasan untuk zona penangkapan ikan di Gaza pada Rabu (1/9). Tujuan kebijakan ini untuk meningkatkan suplai air dan mengizinkan lebih banyak pedagang Palestina masuk ke Gaza.

“Sudah diputuskan untuk memperluas zona penangkapan ikan di jalur Gaza sampai 15 mil (29 kilometer) nautikal, serta membuka perlintasan Kerem Shalom sepenuhnya untuk lalu lintas barang,” demikian pernyataan COGAT, badan militer Israel yang bertanggung jawab di wilayah Palestina, mengutip laman Reuters (2/9).

“Selain itu, pasokan air ke Jalur Gaza akan ditambah 5 juta meter kubik,” sambungnya.

Selain itu, Israel juga meningkatkan jumlah pedagang Gaza yang mendapatkan izin untuk menyeberangi wilayah Erez. Israel menambah kapasitas dari dua ribu menjadi tujuh ribu pedagang yang diperbolehkan.

Baca Juga : Peringatkan Israel, Hamas : Jangan Perketat Blokade Gaza!

“Langkah ini disetujui oleh eselon politik dan bergantung pada pemeliharaan stabilitas keamanan berkelanjutan dalam periode tertentu. Perpanjangan kebijakan ini juga akan dipertimbangkan berdasarkan penilaian situasional,” kata Juru Bicara Militer Israel untuk Palestina, dikutip Times of Israel.

Keputusan ini diumumkan pagi hari, setelah ratusan warga Palestina berdemonstrasi selama empat malam berturut-turut di wilayah perbatasan Gaza dan Israel.

Konflik antara Israel dan Palestina masih terus terjadi hingga saat ini. Momentum kembalinya konflik tersebut ketika Hamas melancarkan serangan roket ke Israel pada Mei lalu. Diketahui, serangan tersebut merupakan respons atas kebrutalan militer Israel yang menggerebek dan menyerang warga Palestina di Masjid Al-Aqsa. (EA)

Baca Juga : Presiden Palestina Abbas Bertemu Menhan Israel Gantz, Bahas Apa?