AS Bakal Jual Rudal Canggih Senilai Rp9,3 T ke Arab Saudi

AS Bakal Jual Rudal Canggih Senilai Rp9,3 T ke Arab Saudi
AS Bakal Jual Rudal Canggih Senilai Rp9,3 T ke Arab Saudi

Ibadah.co.id – Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyetujui penjualan rudal canggih senilai US$650 juta atau setara Rp9,3 triliun ke Arab Saudi. Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS mengatakan bahwa Saudi bisa menggunakan rudal itu untuk menghalau serangan drone dari Yaman.

“Kami telah melihat peningkatan serangan lintas batas terhadap Arab Saudi selama setahun terakhir,” ujar Jubir itu, seperti dikutip AFP, Jumat (5/11).

Persetujuan tersebut memungkinkan Arab Saudi membeli hingga 280 rudal canggih jarak menengah AIM-120C dan peralatan lainnya untuk mengisi kembali pasokan rudal yang ada.

Penjualan itu terjadi meski Presiden AS, Joe Biden, sangat berhati-hati mengambil langkah untuk melindungi Saudi. Jubir Kemlu AS lantas menekankan bahwa rudal yang bakal dijual itu tak bisa digunakan terhadap target darat.

“(Penjualan rudal) sepenuhnya konsisten dengan janji pemerintah untuk memimpin dengan diplomasi guna mengakhiri konflik di Yaman sembari memastikan Arab Saudi memiliki sarana untuk mempertahankan diri dari serangan udara Houthi yang didukung Iran.” ujarnya.

Baca Juga : Upaya Rekonsiliasi Iran-Arab Saudi Berjalan Membaik

Dalam beberapa tahun belakangan, Saudi memimpin koalisi melawan pemberontak Houthi di Yaman, yang disebut-sebut didukung oleh Iran. Menurut para pejabat AS, Iran memasok drone dan teknologi pesawat tak berawak ke Yaman.

Arab Saudi juga seringkali menuduh Iran mendukung Houthi dengan senjata dan pesawat tak berawaknya. Namun, Teheran mengklaim hanya memberikan dukungan politik kepada kelompok pemberontak itu. Pemberontak Houthi berulang kali menargetkan Arab Saudi dalam serangan lintas perbatasan menggunakan drone atau rudal.

Baca Juga : Arab Saudi Bakal Beli Iron Dome Buatan Israel, Benarkah?

Baca Juga : Muslim Amerika Kutuk Aksi Guru Paksa Murid Lepas Jilbab