Take a fresh look at your lifestyle.

Minat Berwakaf Tinggi, Dunia Wakaf Nasional Alami Kemajuan Pesat

2 3

Ibadah.co.id-Dalam webinar bertajuk “Kebangkitan Wakaf untuk Indonesia Melihat 2021”, Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia Mohammad Nuh memberi paparan tentang wakaf. Webinar ini diselenggarakan oleh Rumah Sakit Mata Achmad Wardi bekerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sabtu (22/5).

Dilansir dalam laman resmi BWI, Ketua BWI Mohammad Nuh menjelaskan empat sisi wakaf yang menjadi penanda kebangkitan wakaf di era sekarang ini. Pertama dari sisi wakif sudah tumbuh kesadaran lintas sosial untuk berwakaf.

“Tidak hanya yang kaya, yang miskin juga. Tidak hanya yang tua, yang muda juga. Para akademisi. Termasuk juga perorang-orangan tumbuh. Institusipun juga berwakaf. Misalnya ITS, setiap tahun berwakaf untuk dosen dan lainnya.” ujar Muhammad Nuh.

Kedua, dari sisi harta benda wakaf semakin beragam. Kalau dulu hanya 3M, sekarang muncul wakaf uang, dimana wakaf jenis ini sangat flexibel. Ketiga dari sisi Akad, sekarang muncul kesadaran untuk mengembangkan digital ekosistem.

Terakhir dari sisi nazhir. Saat ini muncul pentingnya profesionalitas dalam mengelola perwakafan. Sehingga mereka sadar pentingnya kompetensi yang mumpuni dalam mengembangkan wakaf.

Kedepannya, Badan Wakaf Indonesia akan memberlakukan standar dalam hal pengelolaan wakaf bagi nazhir yang resmi terdaftar pada Badan Wakaf Indonesia dengan mengacu pada Waqf Core Principles (Prinsip-prinsip Pengelolaan Wakaf).

Waqf Core Principles (WCP) merupakan perwujudan pedoman Prinsip Good Governance dalam mengelola dan mengembangkan wakaf di Indonesia maupun Dunia. Penggunaan standar WCP dalam hal pengelolaan wakaf dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kepercayaan masyarakat (public trust) terkait pengelola wakaf.

Selain itu, Mauquf alaih ada pergeseran, dari pasif mauquf alaih menjadi aktif mauquf alaih yang produktif. Seperti Achmad Wardi ini menjadi tempat belajar, bagaimana mengelola aset umat dan bukti nyata Sinergi islamic social finance dan islamic comericial finacence. (EA)

Baca Juga : “Halal Bi Halal” dari Perspektif Bung Karno, Kiai Wahab Hingga Nasaruddin Umar

Baca Juga : Kemajuan, Kemenag Sosialisasi Regulasi Halal Ke Luar Negeri

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

2 Comments
  1. […] Baca Juga : Minat Berwakaf Tinggi, Dunia Wakaf Nasional Alami Kemajuan Pesat […]

  2. […] Baca Juga : Minat Berwakaf Tinggi, Dunia Wakaf Nasional Alami Kemajuan Pesat […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy