Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

BAZNAS Buka Beasiswa Kaderisasi Seribu Ulama 2023

0 46

Jakarta, Ibadah.co.id –Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali membuka Beasiswa Kaderisasi Seribu Ulama tahun 2023 untuk program doktoral (S3). Program beasiswa kerja sama BAZNAS dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini bertujuan melakukan kaderisasi ulama untuk memperkuat dakwah zakat.

Peluncuran Program Beasiswa S3 tersebut dilakukan pada Kamis (15/9/2023) di Kantor MUI Jakarta, bersamaan dengan Rakornas Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI se-Indonesia.

Hadir antara lain, Sekjen MUI Dr. H. Amirsyah Tambunan, M.A., Wasekjen MUI Drs. H. Muhammad Ziyad, M.A, Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi Prof. Dr. H. Armai Arief, MA., Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. Noor Achmad, MA. dan Ketua BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA.

Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. Noor Achmad, MA., mengatakan, program beasiswa ini bertujuan mencetak banyak doktor yang bisa menyampaikan dakwah tentang zakat di masyarakat. BAZNAS telah bekerja sama dengan MUI sejak tahun 2007.

“Sampai sekarang BAZNAS sudah mencetak 304 doktor, dan tahun 2023 ini insyaallah akan bertambah lagi 20 doktor dari program dengan MUI ini,” ujar Noor.

Noor juga berharap nantinya akan banyak doktor-doktor yang juga sekaligus menjadi “singer” yang dapat membantu dakwah tentang zakat.

“Kita tahu literasi zakat di Indonesia masih sangat kurang. Karena itu, dari potensi Rp327 triliun baru tercapai Rp22 triliun. Untuk tahun ini kami targetkan Rp33 triliun. Jadi, baru sekitar 10 persen,” ujarnya.

Noor menegaskan, dakwah tentang zakat masih membutuhkan banyak kader. Pihaknya berharap, program beasiswa tersebut bisa menambah kekuatan dakwah zakat di tengah masyarakat.

Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI, Prof. Dr. H. Armai Arief, MA., menjelaskan, Program Beasiswa bagi para kader ulama ini merupakan angkatan yang keempat dengan kuota 20 orang.

“Angkatan pertama 20 orang, angkatan kedua 15 orang, dan angkatan ketiga 20 orang,” jelasnya.

Program beasiswa ini dibuka sejak 14-28 September, pengumuman lolos seleksi berkas pada 7 Oktober, ujian lisan melalui daring tanggal 11-16 Oktober, dan pengumuman peserta diterima pada tanggal 28 Oktober.

Dengan persyaratan:

  1. Peserta merupakan Pengurus MUI yang mendapatkan rekomendasi dari MUI baik dari Tingkat Pusat, Daerah dan Cabang
  2. Peserta Berbadan sehat yang ditunjukkan dengan Surat Keterangan Dokter
  3. Peserta telah diterima sebagai mahasiswa semester 1 program doktor di kampus pascasarjana terakreditasi minimal B dengan jurusan Islamic Studies
  4. Menulis karya tulis mengenai Peran MUI dalam Masyarakat
  5. Mengisi link pendaftaran di bit.ly/DaftarKSU2023 disertai 3 dokumen yakni surat keterangan dari MUI daerah terkait amanah di MUI Daerah, surat berbadan sehat dan karya tulis dijadikan 1 file dengan format pdf.

Panduan lengkap pendaftaran beasiswa dapat diunduh (download) di bit.ly/PanduanKSU2023.

Sumber : Baznas

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy