Baznas Harap Wisudawan Beasiswa Cendekia Kembangkan Ilmunya

Baznas Harap Wisudawan Beasiswa Cendekia Kembangkan Ilmunya
Baznas Harap Wisudawan Beasiswa Cendekia Kembangkan Ilmunya

Ibadah.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengharap wisudawan dan wisudawati Beasiswa Cendekia kembangkan ilmunya di bidangnya masing-masing. Selain itu, wisudawan dan wisudawati juga diimbau untuk terus mengembangkan semangat entrepreneurial dalam bidang masing-masing.

Seperti dilansir republika.co.id pada 28/11/20, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengadakan Wisuda daring  Beasiswa Cendekia Baznas angkatan pertama dan memberikan apresiasi kepada para peserta beasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan S1 di 89 kampus di Indonesia dengan total peserta beasiswa sebanyak 791 orang.

Acara ini di hadiri  Sri Nurhidayah Kepala Lembaga Beasiswa Baznas, Mohamad Arifin Purwakananta selaku Direktur Utama Baznas RI, Irfan Junaidi Pemimpin Redaksi Republika, dan Dr. Irfan Syauqi Beik Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas yang memberikan nasihat penutup.

“Baznas berharap kepada saudara wisudawan dan wisudawati Beasiswa Cendekia Baznas angkatan 1, tetap mengembangkan ilmunya untuk bebakti dalam bidangnya masing-masing, namun kami berharap alumni beasiswa Baznas juga dapat menerapkan semangat entrepreneurial dalam bidang masing-masing yang meliputi Berprestasi,  Jujur, Disiplin,kreatif dan inovatif,  Berkomitmen tinggi, Mandiri dan Realistis, Terampil dan Komunikatif, Futuristik dan Cerdas Finansial” Ungkap Arifin Purwakananta dalam sambutannya, Sabtu (28/11).

“Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengetahui bahwa berita yang disajikan oleh media benar atau tidak. Peran kota sangat dibutuhkan dalam penyebaran informasi agar tidak banyak berita hoaks yang dikonsumsi oleh publik” ungkap irfan junaidi dalam penyampaian materinya dengan tema “Merawat Indonesia Melalui Media”

dalam sesi penyampaian materi Irfan Syauqi Beil mengatakan “sebagai alumni beasiswa BAZNAS, ada 3 hal yang yang harus dikuatkan sebagai pemuda, yaitu kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan“ kata Irfan

Acara ini diikuti oleh 389 wisudawan yang telah menyelesaikan perkuliahannya. setelah penyampaian materi dari para narasumber para wisudawan membacakan ikrar wisudawan Beasiswa Cendekia Baznas yang di wakili oleh Ahmad Ramadan dari UIN Raden Intan Lampung dan Graceta Pracetia dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang diikuti para wisudawan lainnya.

Lembaga Beasiswa Baznas memberikan apresiasi kepada wisdawan terbaik dalam tiga ketegoti yaitu aktivis, teladan muda dan Studentpreuner yang di berikan kepada (ketegoti Aktivis) 1 M. Risydan ABP – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2 Ahmad Arifin – IAIN Surakarta, dan 3 Siska Hadija – UIN Antasari Banjarmasin (Kategori Teladan Muda)1.  Chairul Aris – Universitas Hasanuddin, 2. Tri Lande – Universitas Negeri Medan, dan 3. Sri Wahyuni – Universitas Hasanuddin (Kategori Studentpreuner) 1. Dedi Setiawan – owner Catering Pak Dewan, 2. Desi Ayunda – owner Kerupuk Udang Jambi dan 3. Galih – MJM Motor – Mukti Jaya Motor

Dalam gelaran wisuda dibentuk pula organisasi Ikatan Alumni Beasiswa Cendekia Baznas untuk menjaga ikatan para alumin beasiswa dengan Baznas. Ikatan Alumni Beasiswa Baznas di ketuai oleh Andi Muhammad Khairul Rizwan yang akan menjabat selama 2 tahun dari 2020 -2022. Diharapkan dengan di gelarnya wisuda dan peresmian Ikatan Alumni Beasiswa Baznas dapat mebangkitkan semangat para peserta wisudawan Baznas untuk mensyiarkan gerakan zakat di Indonesia. (RB)