Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

BAZNAS Luncurkan Program ZChicken di Karanganyar

0 27

Jakarta, Ibadah.co.id –Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan program bantuan ZChicken di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, khususnya para mustahik.

Program bantuan ZChicken yang diinisiasi di Kabupaten Karanganyar diberikan kepada 30 mustahik yang tersebar di 8 kecamatan. Total bantuan yang diberikan senilai Rp357.500.000, yang dibagi kepada masing-masing mustahik senilai Rp9.500.000, ditambah bantuan usaha Bersama berupa Stock Point (SP) senilai Rp72.500.000.

Simbolisasi penyerahan bantuan digelar di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jl. Lawu No.85, Cerbonan, pada Kamis (25/5/2023), dengan dihadiri Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., Bupati Karanganyar Juliyatmono, dan beberapa jajaran terkait.

“Alhamdulillah kami bisa hadir di Kabupaten Karanganyar yang jadi kabupaten percontohan BAZNAS di Indonesia. Karena pertama, perolehan ZIS-nya selalu tinggi, dan kedua, model pengumpulannya juga sangat bagus oleh Pak Bupati dan BAZNAS Kabupaten Karanganyar. Sehingga hal ini akan kita jadikan model di beberapa tempat. Hari ini kita meluncurkan ZChicken di sini. Di seluruh Indonesia, sebanyak 1.288 ZChicken telah diluncurkan, 30 di antaranya untuk Karanganyar,” kata Noor Achmad, di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (25/5/2023).

Noor menambahkan, program bantuan ZChicken telah berhasil mengentaskan kemiskinan para penerima manfaat yang berada di Jabodetabek. Mereka yang diberi bantuan ZChicken rata-rata per bulan bisa menghasilkan Rp4 juta hingga Rp6 juta, dan sudah masuk kategori munfiq, yang di kemudian hari diharapkan bisa bertransformasi menjadi muzaki. 

“Program bantuan ZChicken merupakan program multimanfaat yang digulirkan BAZNAS. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mustahik dalam hal pemberdayaan ekonomi, peningkatan kemandirian, penanggulangan kemiskinan, pemenuhan kebutuhan pangan, serta pengembangan keberlanjutan usaha mustahik,” kata Noor.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono menyambut baik program ZChicken yang hadir di Karanganyar. Menurutnya, hal ini merupakan program bermanfaat, sesuai dengan tujuan Pemkab Karanganyar dalam mengentaskan kemiskinan.

Seperti diketahui Program bantuan ZChicken merupakan salah satu program pemberdayaan BAZNAS dengan mengusung pemberdayaan di bidang kuliner berkonsep usaha waralaba fried chicken yang berkelanjutan dengan pangsa pasar yang luas. Bantuan usaha ZChicken diberikan dalam bentuk modal usaha, bahan baku, dan suport sistem manajemen penjualan.

Dalam program ZChicken, selain memberikan bantuan modal, BAZNAS juga akan memberikan pelatihan pengolahan ayam goreng dan pelatihan pengelolaan usaha kepada seluruh mustahik. Selanjutnya, demi menjaga kualitas pelaksanaan program, para mustahik akan didampingi oleh pendamping program yang akan membina selama satu tahun.

Sumber : Baznas

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy