Jokowi Apresiasi Aksi Zakat atau Shadaqah Ormas Islam

Ibadah.co.id-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kepada ormas Islam melalui aksi solidaritas dan kepedulian sosial dalam menanggulangi wabah covid-19. Lewat aksi ini, dia menyebutkan, pemerintah sangat terbantu dalam hal materi atau non materi untuk melawan virus corona yang melanda Indonesia.

“Pemerintah sangat terbantu dengan berbagai aksi solidaritas dan kepedulian sosial yang muncul dari ormas Islam dan inisiatif dari masing-masing umat,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas persiapan hari raya Idul Fitri 1441 H melalui telekonferensi, Selasa (19/05).

Jokowi mengucapkan terima kasih atas bentuk sosial secara materi, baik zakat atau shadaqah yang dilakukan ormas Islam di Indonesia dalam menangani kesulitan pandemi virus corona.

Dia menyebutkan, aksi sosial ormas Islam tetap berlanjut dan tidak berhenti ketika pandemi covid-19 selesai. Namun, menjadi sebuah gerakan besar dalam rangka meringankan beban saudara-saudara yang membutuhkan bantuan.

Tidak hanya itu, mantan Gubenur DKI Jakarta ini mengapreasi kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) beserta organisasi Islam yang telah membantu pemerintah menangani virus corona. Dia menegaskan, antara pemerintah dan ormas Islam saling bergandengan untuk menjadi kekuatan baru yang tak terkalahkan saat masa pandemi.

Menurutnya, pemerintah sangat menghormati keputusan dan fatwa yang dikeluarkan oleh MUI dan Organiasi Islam sebagai bentuk dukungan terhadap keputusan pemerintah saat masa pandemi, seperti peribadatan di saat pandemi covid-19.

“Termasuk keputusan pemerintah dilarang mudik,” ucap Jokowi. (HN/Kontributor)