Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Muhammadiyah Luncurkan Program Back to Masjid

0 22

Jakarta, Ibadah.co.id –  Lazismu resmi meluncurkan program Ramadhan 1445 H. Acara ini juga dikemas dengan “Kick Off” kampanye program Back to Masjid Lazismu seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada Sabtu (02/03) di Saung Jingga Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan ini diikuti secara daring oleh Lazismu Kantor Wilayah dan Daerah se-Indonesia serta perwakilan Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Lazismu Wilayah Banten, Lazismu Kota Tangerang Selatan, Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PP Muhammadiyah, dan para penerima manfaat program yang hadir langsung di lokasi.

Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, Arif Jamali Muis menyampaikan, Ramadan adalah bulan penyejuk kepada umat Islam, terlebih setelah bangsa ini melewati pesta demokrasi beberapa waktu lalu dengan berbagai macam dinamika di dalamnya. Ramadhan juga akan meningkatkan spiritualitas seorang hamba dalam hubungan dengan Tuhannya.

“Lazismu sebagai lembaga filantropi dan LAZ (Lembaga Amil Zakat) memiliki banyak kepentingan untuk menyemarakkan Ramadan ini,” tegas Arif Jamali Muis.

Pada acara ini, Lazismu PP Muhammadiyah juga memulai kampanye Back to Masjid sebagai salah satu program unggulan Ramadan. Arif Jamali Muis pun mengingatkan, program ini penting bagi persyarikatan sebagai sarana pemberdayaan yang dimulai dari masjid.

“Masjid sebagai pusat peradaban. Kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat berangkat dari masjid, termasuk berbagai kegiatan pendukung lainnya,” ungkapnya.

Lazismu, lanjut Arif, harus berkolaborasi dengan bergandengan tangan bersama majelis, lembaga, dan ortom di persyarikatan. Pihaknya pun mengajak kepada majelis, lembaga, dan ortom tersebut untuk turut terlibat dalam menyukseskan Program Ramadhan 1445 H yang dijalankan oleh Lazismu.

“Ketika Ramadan, potensi masyarakat untuk menunaikan zakat, infak, dan sedekah tentu menjadi sangat tinggi. Ini menjadi peluang bagi Lazismu seluruh Indonesia untuk menangkap kesempatan itu agar hasilnya dapat kita pergunakan dengan sebaik-baiknya bagi kemakmuran umat Islam,” pesan Arif.

Direktur Penghimpunan dan Kerja Sama Lazismu PP Muhammadiyah, Edi Muktiono menjelaskan, pada Ramadan 1445 H, beragam kegiatan Lazismu se-Indonesia akan dititikberatkan pada 6 program khusus, yaitu Tebar Takjil, Back to Masjid, Pesantren Mualaf, Pesantren Lansia, Kado Ramadhan, dan MudikMu Aman.

Terkait kampanye program Back to Masjid yang dimulai secara nasional hari ini, Lazismu memberikan bantuan untuk persiapan kepada masjid dan mushola dalam menyambut bulan suci Ramadan.

“Program ini menyentuh para penerima manfaat secara langsung yaitu masjid dan mushola yang perlu mendapatkan perhatian, seperti perbaikan-perbaikan minor. Misal perbaikan toilet, pengecatan, atau fasilitas lainnya seperti sajadah, pengeras suara, dan lain sebagainya,” sebut Edi.

Program Ramadhan 1445 H Lazismu berharap pelaksanaan ibadah Ramadan tahun ini juga dapat berjalan dengan maksimal, termasuk ibadah sosialnya.

Pada Kick Off Program Back to Masjid ini, Lazismu PP Muhammadiyah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Saung Jingga. Saung Jingga merupakan tempat  ibadah seperti salat, belajar Al-Qur’an, serta kajian yang terletak di Kampung Pemulung, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Berdiri sejak 2014 di atas tanah wakaf Muhammadiyah dengan ukuran 6×12 meter, Saung Jingga dikelilingi 60 Kepala Keluarga (30 gubuk) pemulung yang dibangun dari bambu dan triplek.

Sumber : Muhammadiyah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy