Pemerintah Arab Saudi Batasi 15 Menit Khutbah dan Shalat Jumat

0
357
Pemerintah Arab Saudi batasi sholat jumat dan khutbah 15 menit
Pemerintah Arab Saudi batasi sholat jumat dan khutbah 15 menit

Ibadah.co.id-Pemerintah Arab Saudi memberikan aturan baru, yaitu batasan waktu sholat jumat dan khotbah tidak lebih dari 15 menit. Hal ini untuk mengantisipasi tersebarnya virus corona di lingkungan Islam.

Dilansir di Detik News (10/03) Menteri Urusan Islam Arab Saudi Dr Abdullah Al Sheikh mengintruksikan batasan waktu sholat jamaah dan khotbah tidak lebih dari 15 menit guna antisipatif dari wabah virus corona.

Batasan waktu tersebut di antaranya panggilan azan (pertama) dan iqamah hanya berdurasi 10 menit di semua masjid di Arab Saudi.

Selain itu ada intruksi lain untuk tidak memberikan makanan dan minum kepada jamaah yang berkumpul untuk menghindari ikhtilaf.

Dalam twitter Kementerian, @Saudi_MoiaEN Dr Abdullah juga membatasi kegiatan belajar mengajar Al-Quran dan dakwah di sejumlah masjid sampai ada pemberitahuan selanjutnya guna melindungi warga negara dari virus corona.

Pemerintah Arab Saudi menyarankan kepada takmir masjid untuk menyediakan hand sanitizer dan sterilisasi sajadah dan karpet sebagai bentuk antisipatif wabah virus corona. (HN/Kontributor)