TNI Angkatan Laut Gelar Vaksinasi Pesantren di Garut

TNI Angkatan Laut Gelar Vaksinasi Pesantren di Garut
TNI Angkatan Laut Gelar Vaksinasi Pesantren di Garut

Ibadah.co.id – TNI Angkatan Laut menggelar vaksinasi bagi beberapa pesantren di daerah Garut, Jawa Barat. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Staff Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono. Vaksinasi di pesantren diharapkan dapat segera diselesaikan agar Indonesia cepat mencapai herd immunity.

Seperti dilansir merdeka.com pada 3/9/21, Kepala Staff Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono memimpin serbuan ke Pondok Pesantren Ma’ruful Hidayah yang ada di Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Serbuan tersebut berisi kegiatan vaksinasi Covid-19 terhadap para santri dan masyarakat sekitar.

Kasal mengatakan bahwa serbuan ke pesantren dilakukan pihaknya setelah sebelumnya melakukan kegiatan serupa ke daerah-daerah pesisir, hingga kampung nelayan.

“Khususnya di Pulau Jawa ini sudah banyak terpenuhi untuk di daerah-daerah pesisir, sehingga sasaran kita berikutnya di sekolah-sekolah dan juga di pesantren-pesantren seperti yang kita lihat sekarang ini,” kata Yudo Margono di Garut, Jumat (3/9).

Ia menjelaskan bahwa kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 dilakukan TNI AL bekerja sama dengan unsur TNI-Polri yang ada di wilayah, dan juga bersama Dinas Kesehatan setempat. Dengan kegiatan vaksinasi di pesantren, karena banyaknya santri yang berkumpul, bisa segera tercipta herd immunity.

“Ke depannya bisa segera melaksanakan kegiatan belajar mengajar, apabila semuanya sehat. Dan juga masyarakat di sekitar sini nantinya dengan sudah dibukanya kegiatan vaksinasi di pesantren diharapkan ikut semua sehingga di Jawa Barat bisa segera terpenuhi, dilaksanakan vaksinasi,” jelasnya.

Hari ini, diungkapkan Kasal, pihaknya melakukan kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 di dua tempat, yaitu di Garut dan Pondok Pesantren Suyalaya, Kabupaten Tasikmalaya. Setidaknya pihaknya menyiapkan 4.000 dosis vaksin untuk disuntikan kepada santri dan masyarakat.

Walau hanya menyiapkan 4.000 dosis, menurut Kasal pihaknya akan mendorong kembali vaksin jika masih ada warga yang mau divaksinasi.

“Apabaila ini masih dibutuhkan dan kita ada vaksin akan kita teruskan sampai selesai. Jadi kita ga ada target. Kalau di sini selesai ada masyarakat yang datang tetap kita fasilitasi. (Tapi) tergantung dukungan vaksinnya juga. Pada intinya kita akan dukung semuanya, pemerintah daerah khususnya, pemerintah pusat untuk melaksanakn vaksinasi ini,” sebutnya.

Selain memimpin kegiatan vaksinasi, Kasal pun di tempat yang sama meberikan tali asih secara simbolis kepada pengurus pesantren dan santriwan juga santriwati.

Sementara itu, Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq menegaskan bahwa TNI AL Lantamal III Jakarta akan terus berkomitmen dalam percepatan Covid-19 di untuk seluruh lapisan masyarakat, baik di wilayah maritim ataupun daerah yang belum terjangkau dan minimum prosentase untuk vaksinasi Covid-19.

“Tentunya kegiatan vaksinasi ini bisa berdampak positif terhadap seluruh lapisan masyarakat dalam penangan pemutusan mata rantai wabah Covid-19,” tegas Jenderal Bintang satu Marinir itu.

Salah seorang santri yang divaksinasi, Acep Setiawan (16) mengaku bahwa kegiatan vaksinasi menjadi hal yanylg sangat dinantikan olehnya dan sejumlah santri lainnya. “Sudah lama banget saya dan teman-teman santri pengen divaksinasi,” ungkapnya.

Ia menyebut bahwa vaksinasi menjadi salah satu upaya untuk segera keluar dari pandemi Covid-19 dan wujud ketaatan kepada pemerintah. Dengan vaksinasi, ia berharap bisa melaksanakan kegiatan di pesantren seperti biasa.

“Kalau pas pandemi mah kan ya kita dibatasi karena khawatir menjadi klaster baru. Mau ngaji harus inilah itulah, jadinya sempat libur juga. Semoga vaksinasi ini bernilai ibadah,” tutup Acep. (RB)