Wapres Ingin Sertifikasi Halal UMKM Terus Ditingkatkan

Wapres Ingin Sertifikasi Halal UMKM Terus Ditingkatkan
Wapres Ingin Sertifikasi Halal UMKM Terus Ditingkatkan

Ibadah.co.id – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf menginginkan agar sertifikasi halal di kalangan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) terus ditingkatkan. Hal ini, menurut Wapres, agar produk yang dimiliki oleh pelaku UMKM memiliki nilai tambah dibandingkan produk lainnya.

Seperti dilansir republika.co.id pada 4/6/21, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong kerja sama antara Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) semakin ditingkatkan. Khususnya, kerja sama dalam pengembangan sertifikasi halal produk UMKM.

“Kerja sama antara MES dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), juga menjadi langkah strategis untuk pengembangan sertifikasi halal produk UMKM,” kata Wapres saat menghadiri Halal Bihalal Pengurus MES di Gedung The Tower, Jakarta, Jumat (4/6).

Wapres mengatakan, sertifikasi halal merupakan salah satu aspek penting yang akan memberikan nilai tambah produk UMKM. Sertifikasi halal juga berpengaruh signifikan pada persaingan produk halal di pasar global.

Hal ini relevan dengan upaya Pemerintah saat ini yang terus mendorong produk halal UMKM berekspansi ke pasar global. “Sekali lagi, kita memerlukan langkah-langkah konkret yang saling bersinergi untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen halal dunia,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf menjelaskan, saat ini Pemerintah melakukan sejumlah upaya dalam memperluas akses pasar produk halal di luar negeri. Baik melalui skema perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif dengan beberapa negara, kerja sama perdagangan dalam kawasan, maupun kerja sama perdagangan dengan negara-negara anggota organisasi kerja sama Islam (OKI).

“Sekarang Mendag sedang melakukan upaya-upaya supaya 57 negara OKI itu menjadi negara yang mengekspor produk-produk halal Indonesia,” katanya.

Sementara di sisi kesiapan, Pemerintah kata Ma’ruf terus mendorong industri produk halal di Indonesia menjadi lebih baik. Salah satunya, dengan mengoptimalkan dan membangun Kawasan Industri Halal (KIH) maupun zona halal yang sudah ada.

Saat ini sudah ada KIH yang terbentuk yakni Modern Cikande Industrial Estate di Serang, Banten, Safe n Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo, Jawa Timur, dan kawasan industri halal Bintan Inti Halal Hub di Kabupaten Bintan. “Nanti akan menyusul 8 KIH disamping zona-zona halal,” ungkapnya. (RB)

2 COMMENTS