Sinergi BSI dengan POLRI Gencarkan Literasi Perbankan Syariah

Sinergi BSI dengan POLRI Gencarkan Literasi Perbankan Syariah
Sinergi BSI dengan POLRI Gencarkan Literasi Perbankan Syariah

Ibadah.co.id – Bank Syariah Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dengan POLRI dalam hal pengamanan, pemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah. Kesepakatan ini menjadi gerbang awal BSI dan POLRI untuk bersama menguatkan ekonomi syariah dan  mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Melalui penjajakan ini, BSI siap kolaborasi mendukung POLRI dalam hal pendampingan sebagai mitra perbankan syariah melalui produk dan layanan yang modern, digital dan kompetitif. Dimana saat ini juga BSI terus mengembangkan bisnisnya untuk menjadi bank syariah yang siap bersaing di kancah global. 

Bank Syariah Indonesia berupaya memberikan yang terbaik bagi segenap manajemen dan anggota POLRI yang jumlahnya lebih dari 470 ribu orang untuk bertransaksi keuangan sesuai prinsip syariah. BSI Mobile sebagai aplikasi digital dihadirkan sebagai solusi dalam mengakses BSI lebih mudah, real time dan aman. 

Akselerasi digital menjadi salah satu fokus BSI dalam menggenjot bisnis. Hal ini tercermin dari transaksi kumulatif BSI Mobile yang mencapai 74,24 juta transaksi atau tumbuh 133% yoy. Hal lain juga ditunjukkan dengan kenaikan transaksi melalui e-channel pada September 2021 yang mencapai 162,40 juta transaksi atau 95% transaksi di BSI sudah menggunakan e-Channel.

Dari sisi kepercayaan nasabah, per September 2021 lalu BSI telah Lebih rinci Hery memaparkan selain terdorong transaksi digital, perolehan laba bersih yang gemilang ditopang pula kinerja berbagai sektor. Di antaranya perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mencapai Rp219,19 triliun. 

Terkait DPK, menurut Hery pihaknya terus meningkatkan pertumbuhan tabungan khususnya tabungan wadiah. Di mana tabungan wadiah tumbuh signifikan sebesar 16,22% yoy atau mencapai Rp30,35 triliun pada September 2021. Sementara itu untuk total tabungan bertumbuh 11,57% yoy yang mencapai Rp91,43 triliun pada kurun waktu yang sama.

Penjajakan kali pertama ini menjadi salah satu spirit BSI untuk terus meningkatkan literasi dan inklusi perbankan syariah di Indonesia sehingga kehadiran BSI menjadi warna dan energi baru untuk Indonesia dan motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional serta mendukung Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia pada tahun 2022.

Baca Juga : Mantap! BSI Dapatkan Izin Prinsip Operasional di Dubai

Kedepannya, pihak POLRI juga dapat menikmati layanan cash management untuk pengelolaan keuangan POLRI sehingga transaksi keuangan lebih terkontrol, akuntable, cepat dan real time yang terintegrasi dengan end user. Selain itu, BSI juga menyediakan akses layanan payroll, pembiayaan konsumer dan berbagai fitur produk DPK yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan anggota POLRI.

“Kami meyakini bahwa peran POLRI sebagai garda terdepan dalam penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat memerlukan dukungan seluruh pihak sehingga tercipta kolaborasi dan sinergi yang baik dalam membangun perekeonomian dan pembangunan Indonesia”, ujar Hery.

Senada dengan BSI, Pihak POLRI melalui Asops Kapolri Inspektur jenderal Polisi Imam Sugianto menyampaikan dukungan dan kesiapan POLRI dalam hal transparansi informasi sehingga masyarakat dapat mengakses POLRI secara cepat, tepat,aman dan akurat.

“Hal ini sejalan dengan prinsip POLRI dalam hal pengamanan dan pengayoman bagi masyarakat sehingga dengan hadirnya perbankan syariah di lingkungan POLRI, kami siap menjadi bagian penguatan dan literasi syariah untuk masyarakat Indonesia”. pungkasnya. (rilis/EA)

Baca Juga : BSI Didaulat Sebagai The Strongest Islamic Bank 2021