Take a fresh look at your lifestyle.

Islamic Community Summit 2022 Digelar, 165 Komunitas Bersinergi

0 8

Ibadah.co.id – Islamic Community Summit (ICS) 2022 bertajuk ‘Berjamaah Lebih Kuat’ yang diselenggarakan di Bandung pada 12-13 Juli ini merupakan acara Syaamil Group. Ketua Panitia Islamic Community Summit 2022, Apud Saefudin mengatakan, ada 165 komunitas Muslim dari hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Komunitasnya beragam. Tidak hanya dari Jawa Barat, tetapi juga dari Kalimantan, Aceh, dan daerah lainnya. Komunitas yang hadir juga dari berbagai segmen. Ada hijaber community yang bergerak di bidang sosial dan didirikan oleh perancang busana muslim,” tutur dia dilansir dari Republika, Rabu (13/7/2022).

Selain itu, lanjut Apud, juga ada komunitas ke-Qur’an-an yang melakukan kegiatan one day one juz, yaitu membaca satu juz Alquran dalam sehari. Komunitas lain yang hadir di antaranya ialah komunitas Gerakan Infaq Beras dan Bobotoh Taqwa.

“Ada banyak komunitas dari berbagai segmen yang hadir dan mereka punya kegiatan positif yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, di mana mereka yang terlibat biasanya adalah relawan, bahkan tanpa digaji,” ujarnya.

Apud menjelaskan, kegiatan ICS ini bertujuan untuk mengumpulkan komunitas-komunitas Islam dalam sebuah forum komunikasi. Sebab, komunitas tersebut selama ini bergerak secara masing-masing dan kini saatnya mereka saling bertemu dan bersilaturahmi. “Dan kemarin itu golnya kami sepakat untuk membentuk forum komunikasi komunitas Islam Indonesia, yang tentunya basis kegiatannya islami,” tuturnya.

Agenda ICS 2022 ini, terang Apud, adalah kegiatan komunitas yang pertama digelar oleh Syaamil Group. Rencananya agenda ICS ini akan diselenggarakan setiap tahun. Syaamil Group sendiri sebelumnya telah banyak menggelar acara bersama komunitas dengan jumlah yang terbatas, seperti dengan Komunitas Hijaber dan Bobotoh Taqwa serta komunitas One Day One Juz (ODOJ).

“Kemudian kita pikir ternyata komunitas itu sangat banyak dan ada yang sudah eksis, ada yang belum. Lalu kita berinisiatif mengundang mereka dalam acara ternyata antusiasmenya besar. Komunitas yang selama ini belum eksis, ketika ada agenda Summit ini, mereka jadi punya komitmen untuk saling bersinergi sehingga ke depannya mungkin akan mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Apud berharap, komunitas-komunitas Islam yang sudah eksis semakin baik, kuat, dan meningkatkan sinerginya. Dengan langkah inilah, kebermanfaatan untuk masyarakat juga akan semakin luas. Menurutnya, kehadiran komunitas sangat berarti di tengah masyarakat. “Banyak perubahan masyarakat justru diinisiasi oleh komunitas. Misalnya ada komunitas yang berbagi beras melalui Gerakan Infaq Beras,” tuturnya.

Syaamil Group dalam agenda ini mengundang perwakilan dari pemerintah, swasta, platform donasi, dan unsur masyarakat lainnya sebagai pendukung dari ekosistem komunitas. Para tokoh yang hadir sebagai pengisi acara di antaranya Founder Syaamil Group dan Komunitas Muda Juara Riza Zacharias, Imam di Islamic Center of New York Imam Shamsi Ali, Dimas Seto serta istrinya, Dhini Aminarti, yang merupakan pegiat komunitas Kajian Musyawarah.

“Saya mengajak teman-teman komunitas semua yang pastinya memiliki semangat kontribusi bagi kemajuan dan kemaslahatan umat ini untuk turut hadir dalam acara Islamic Community Summit 2022, 12-13 Juli 2022. Pastikan sahabat semua, teman-teman komunitas semua, mengambil peran dalam acara yang sangat baik ini karena dengan bersama-sama, kita akan mendapatkan keberkahan dan menjadi lebih kuat pastinya,” kata Riza. 

Kegiatan yang dilaksanakan bagi para peserta ICS 2022 pada Rabu (13/7) ini di antaranya mengunjungi dan mengelilingi pabrik pembuatan Alquran dari Syaamil Group. Kemudian pada siang harinya dilanjutkan dengan berwisata keliling kota Bandung dengan mobil wisata Bandros.

MAN

Baca juga : BPJPH Kemenag Gelar Survei Kepuasan Layanan Sertifikasi Halal

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy