Alwi Shihab Sabet Penghargaan Internasional ‘Muhammad Abduh’

1
23
Alwi Shihab Sabet Penghargaan Internasional ‘Muhammad Abduh’
Alwi Shihab Sabet Penghargaan Internasional ‘Muhammad Abduh’

Ibadah.co.id –Pusat Kajian Strategis Kairo (CCSS) mengumumkan bahwa Profesor Alwi Shihab, Utusan Khusus Presiden RI dan mantan Menteri Luar Negeri, mendapat penghargaan internasional ‘Muhammad Abduh’ untuk tahun 2020. Pernyataan tersebut disampaikan oleh CCSS pada Rabu (3/2) waktu setempat.

Alwi Shihab menyabet penghargaan yang menyandang nama tokoh pemikir Islam terkemuka di dunia sekaligus mantan mufti Mesir, Muhammad Abduh. Muhammad Abduh adalah pelopor pembaruan Islam pertama, dimana karyanya berkontribusi pada proses reformasi agama di seluruh dunia Islam.

Alwi Shihab dinilai sebagai seorang pemikir dan politisi Indonesia kontemporer, berkontribusi besar di bidang pemikiran Islam, dengan berpegang teguh pada pemahaman moderasi Al-Azhar. Dia lulus dari Universitas Al-Azhar, dan telah menerima lebih dari satu gelar master dan doktor di lebih dari satu universitas.

Pria kelahiran 1946 di Rappang Sulawesi Selatan itu pernah menjadi Menteri Luar Negeri pada 1999. Lalu, dia juga pernah mengunjungi Mesir dan bertemu dengan Presiden Abdel Fattah Al-Sisi sebagai utusan khusus Presiden Republik Indonesia pada 2015 silam.

Alwi memuji upaya Kairo untuk memperbarui wacana keagamaan, dan serta menjadikan Al-Azhar sebagai mercusuar Islam moderat di dunia.

Ahmed Al-Maslamani, Kepala CCSS sekaligus mantan penasihat Presiden Mesir mengatakan, Alwi Shihab sebagai seorang pemikir dan politisi Asia terkemuka. Sebagai alumnus Al-Azhar Kairo, Alwi bekerja pada konfrontasi komprehensif terorisme dan ekstremisme agama.

Selanjutnya, Alwi Shihab nantinya akan menyampaikan pidato di markas besar CCSS di distrik Garden City Kairo, Mesir. Plakat penghargaannya juga akan diserahkan kepada Duta Besar Republik Indonesia di Kairo oleh -Al-Maslamani, kepala lembaga Mesir yang menangani masalah Timur Tengah dan dunia.

Dengan penghargaan tersebut, Alwi Shihab menjadi tokoh Asia satu-satunya yang mendapat penghargaan Imam Muhammad Abduh. (EA)