Prestasi Baik, Kemenag Bangun 20 Gedung Madrasah SBSN di Jabar

4
20
Prestasi Relatif Baik, Kemenag Bangun 20 Gedung Madrasah Berskema SBSN di Jabar
Prestasi Relatif Baik, Kemenag Bangun 20 Gedung Madrasah Berskema SBSN di Jabar

Ibadah.co.id –Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akan membangun 20 gedung madrasah dengan skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di Provinsi Jawa Barat pada tahun ini.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag, M. Ali Ramdhani, mengungkapkan pembangunan tersebut karena capaian prestasi untuk Jawa Barat relatif baik.  

“Karena capaian prestasi untuk Jawa Barat ini relatif baik, maka pada tahun ini kita akan menghadirkan gedung madrasah baru melalui skema SBSN sebanyak 20 gedung,” ujar M. Ali Ramdhani, di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Cianjur, Jawa Barat, Kamis (04/02). 

Kedatangan Dirjen Pendis tersebut untuk meresmikan delapan gedung madrasah yang telah dibangun dengan skema SBSN pada tahun 2020. Delapan gedung tersebut, diantaranya Gedung Workshop Keterampilan MAN 2 Cianjur, MAN 2 Tasikmalaya, MTsN 2 Cirebon, MAN 2 Tasikmalaya, MAN 4 Bogor, MTsN 2 Cirebon, MTsN 1 Garut dan MTsN 1 Pengandaran.

Ia juga mengingatkan para pemangku kepentingan untuk memperhatikan pertanggungjawaban pembangunan gedung madrasah berskema SBSN ini. 

“SBSN ini adalah dana pinjaman yang investornya dipegang oleh kementerian keuangan dan sumber daya lainnya adalah masyarakat kita,” lanjut Dhani.

Dhani mengajak seluruh elemen untuk berkomitmen membangun madrasah dengan mengembangkan soft skill siswa.  Dirinya juga menambahkan bahwa slogan ‘Madrasah Hebat Bermartabat’ dapat terwujud jika sistem pembelajaran yang mampu mengantarkan siswa beradaptasi sesuai zamannya. 

“Kita perlu mempersiapkan penguasa-penguasa anak-anak zaman, dan kita menginginkan Madrasah hadir untuk melahirkan anak-anak bangsa yang memiliki kriteria dan ciri sebagai anak zaman,” tandas Dhani.

Diharapkan pembangunan gedung-gedung berskema SBSN tersebut dapat menambah makna kualitas pembelajaran madrasah. (EA)