Bandara Kertajati Akan Dijadikan Tempat Pemberangkatan Haji 2021

Bandara Kertajati Akan Dijadikan Tempat Pemberangkatan Haji 2021
Bandara Kertajati Akan Dijadikan Tempat Pemberangkatan Haji 2021

Ibadah.co.id – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan dijadikan sebagai tempat pemberangkatan jemaah haji 2021. Adapun jemaah yang diberangkatkan melalui bandara tersebut adalah jemaah yang berasal dari beberapa wilayah Jawa Barat seperti Majalengka dan sekitarnya. Ada juga jemaah yang berasal dari beberapa daerah Jawa Tengah yang nantinya akan berangkat dari bandara tersebut.

Seperti dilansir kemenag.go.id pada 29/08/20, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan mulai digunakan untuk pemberangkatan jemaah haji 2021. Saat ini, Kemenag juga tengah menyelesaikan pembangunan asrama haji di Indramayu.

Nantinya, BIJB akan menjadi embarkasi pemberangkatan bagi calon jemaah asal Subang, Indramayu, Cirebon, Kota Cirebon, Kuningan, Majalengka, dan Sumedang. Selain itu, ada sekitar lima  Kab/Kota dari Jawa Tengah yang akan berangkat dari BIJB.

“Penyipan bandara dan asrama haji di Jawa Barat karena kami ingin memberi kemudahan dan layanan terbaik bagi calon jemaah haji,” terang Wamenag saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Persiapan Penyelenggaraan Haji Tahun 1442H/2021M di Subang, Sabtu (29/08).

Menurut Wamenag, persiapan dalam penyelenggaraan haji terus dilakukan. Selain yang sifatnya fisik dan teknis penyelenggaraan, penguatan juga dilakukan pada aspek bimbingan ibadah. Pembatalan keberangkatan tahun 2020, akan dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas bimbingan.

“Calon jemaah haji mendapat kesempatan bimbingan ibadah lebih awal. Buku manasik sudah diberikan lebih awal agar dipelajari, sehingga bukan hanya dibaca ketika akan berangkat,” ujar Wamenag. “Kemenag berkepentingan agar haji tidak hanya sukses dari sisi penyelenggaraan, tapi juga suskses ibadah jemaah,” tandasnya. (RB)