Kemenag Bagikan Buku Panduan Manasik Haji Online

0
172
Kemenag Bagikan Buku Panduan Manasik Haji Online
Kemenag Bagikan Buku Panduan Manasik Haji Online

Ibadah.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) akan membagikan buku panduan manasik haji online. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang hendak melaksanakan ibadah haji dapat lebih mengerti proses manasik haji yang akan dilaksanakan. Sebagaimana diketahui, tahun 2020 ini pemerintah Indonesia memutuskan untuk meniadakan ibadah haji demi meminimalisasi penyebaran pandemi Covid-19. Meski begitu, pembagian buku manasik haji dilakukan agar masyarakat dapat lebih mempersiapkan ibadah haji nantinya.

Seperti dilansir kemenag.go.id pada 15/06/2020, buku manasik haji saat ini sudah didistribusikan hingga daerah. Jemaah haji bisa mengambilnya di Kantor Kemenag Kab/Kota terdekat.

“Jemaah bisa meminta buku manasik hajinya di Kankemenag Kab/Kota terdekat. Keberadaan buku tersebut diharapkan akan semakin memperkuat proses manasik online yang sudah berlangsung selama pandemi,” terang Direktur Bina Haji Khoirizi di Jakarta, Senin (15/06).

“Buku manasik juga akan memudahkan jemaah dalam mendalami pengetahuan tentang ibadah haji, utamanya bagi mereka yang belum terbiasa dengan sistem manasik online,” lanjutnya.

Menurut Khoirizi, seiring kebijakan pembatalan keberangkatan, jemaah tahun ini punya waktu yang cukup banyak untuk mempelajari dengan seksama manasik haji hingga pemberangkatan tahun depan. Dengan begitu, jemaah diharapkan akan mempunya bekal manasik ibadah yang lebih mapan.

“Waktu yang ada agar dimanfaatkan jemaah untuk mempelajari manasik, baik online maupun offline melalui buku, secara seksama sehingga sudah punya bekal manasik ibadah yang mapan saat akan berangkat haji tahun depan,” ujarnya.

Sejak pandemi Covid-19, lanjut Khoirizi, pihaknya telah menyiarkan video manasik yang bisa diakses melalui youtube Kemenag RI. Tidak kurang 20 seri video manasik haji telah diunggah dan bisa disaksikan oleh jemaah secara online. Selain itu, ada juga video yang berupa tanya jawab dan pengajian seputar manasik haji.

“Distribusi buku manasik ini diharapkan akan memudahkan jemaah dalam mempelajarinya, sekaligus juga memperkuat proses manasik online yang telah berlangsung,” tandasnya. (RB)