Masjid Istiqlal Belum Beri Akses Masuk Publik

0
171
Masjid Istiqlal Belum Beri Akses Masuk Publik
Masjid Istiqlal Belum Beri Akses Masuk Publik

Ibadah.co.id – Masjid Istiqlal belum memberi akses masuk kepada publik. Meski Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Masjid Istiqlal belum dibuka untuk umum. Pada Jum’at (12/06/2020) masjid yang diprakarsai oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno tersebut juga belum melaksanakan ibadah sholat Jumat. Hal ini disebabkan belum rampungnya renovasi.

Sebagaimana dilansir okezone.com pada 12/06/2020, Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat masih belum menggelar Sholat Jumat, hari ini. Masjid terbesar di Asia Tenggara ini masih dalam tahap renovasi serta menghormati Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan baru buka untuk umum pada Juli 2020.

“Belum ada jumatan ya,” kata Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (12/6/2020).

Masjid Istiqlal rencananya baru akan dibuka untuk umum pada Juli, mendatang. Alasannya, karena Masjid Istiqlal saat ini masih dalam proses renovasi. “Belum rencana dibuka. bulan Juli. Alasan lebih ke soal renovasi yang belum kelar ya,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat meninjau kesiapan penerapan new normal di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Selasa, 2 Juni 2020. Informasi yang diperoleh Jokowi bahwa masjid terbesar di Asia Tenggara itu akan dibuka kembali pada Juli 2020.

“Pagi hari ini saya kembali ke masjid istiqlal untuk mengecek progres renovasi besar masjid. Sampai hari ini tadi disampaikan (renovasi) telah selesai kurang lebih 90 persen, dan renovasi besar ini akan diselesaikan di awal bulan Juli memang, agak mundur karena adanya pandemi Covid-19,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual di sela meninjau Istiqlal, Selasa, 2 Juni 2020.

Masjid Istiqlal masih ditutup karena adanya renovasi sekaligus akibat pandemi Covid-19. Presiden Jokowi belum bisa memutuskan kapan Masjid Itsiqlal dibuka kembali.

“Tapi tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Prof Nasarudin, Imam Besar Istiqlal, bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka pada bulan Juli, tapi keputusannya nanti ada di bapak Imam Besar,”katanya. (RB)