Masjid Nabawi Adakan Sholat Jumat Terakhir

0
80
Masjid Nabawi Adakan Sholat Jumat Terakhir
Masjid Nabawi Adakan Sholat Jumat Terakhir

Ibadah.co.id – Masjid Nabawi mengadakan Sholat Jumat terakhir tahun 1441 Hijriah. Seperti diketahui dalam penanggalan Islam, awal tahun dimulai dari tanggal 1 Muharam. Tanggal 1 Muharam akan jatuh pada tanggal 19 Agustus 2020 sehingga membuat sholat Jumat kemarin adalah sholat Jumat terakhir tahun 1441 Hijriah. Sholat Jumat ini juga memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Seperti dilansir okezone.com pada 15/08/2020, jamaah di Kota Madinah menunaikan Sholat Jumat terakhir pada tahun 1441 Hijriah atau 2020 Masehi di Masjid Nabawi. Sebab tahun ini segera berakhir dan akan hadir 1442 Hijriah. Dalam penanggalan masehi, tanggal 1 Muharam 1442H bertepatan dengan Rabu 19 Agustus 2020.

Dilansir dari Arab News, Sabtu (15/8/2020), para jamaah melaksanakan Sholat Jumat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak atau merenggangkan saf sholat, memakai masker, hingga mencuci tangan. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona (covid-19) yang masih menyebar di banyak negara, termasuk Arab Saudi.

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci memastikan bahwa para jamaah yang tengah melakukan sholat berjamaah tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. Kemudian pembersihan serta sanitasi dilakukan dengan menggunakan produk ramah lingkungan yang tidak membahayakan kesehatan masyarakat.

Selain itu, Presidensi memasang kamera termal di pintu masuk masjid. Kamera ini berfungsi dari jarak 6 meter untuk mendeteksi jamaah yang demam. Tidak lupa, pihak masjid menyediakan gel hand sanitizer untuk membersihkan tangan para jamaah sebelum masuk ke area masjid. Pembersih tangan ini disediakan di seluruh gerbang masjid agar mudah ditemukan dan digunakan. (RB)