Museum London Akan Dokumentasikan Kegiatan Ramadhan Muslim Inggris

0
167
Museum London Akan Dokumentasikan Kegiatan Ramadhan Muslim Inggris
Museum London Akan Dokumentasikan Kegiatan Ramadhan Muslim Inggris

Ibadah.co.id – Museum London, Inggris akan mendokumentasikan kegiatan muslim Inggris saat Ramadhan tahun 2020. Seperti diketahui, tahun 2020 adalah tahun di mana pandemi covid-19 mewabah hampir ke seluruh dunia, termasuk Inggris. Hal inilah yang membuat museum tertarik untuk mendokumentasikan kegiatan muslim di Inggris ketika Ramadhan.

Ramadhan tahun 2020, seperti dilansir republika.co.id pada 29/06/2020, terasa sangat berbeda karena dijalankan di tengah ancaman pandemi Covid-19. Untuk mengenang momen itu, Museum London Inggris akan membuat proyek khusus Ramadhan di tengah pandemi.

Saat ini Musem London sedang mengumpulkan benda-benda yang mencerminkan bagaimana komunitas Muslim menjalani Ramadhan saat pembatasan wilayah atau lockdown.

Proyek Ramadhan menjadi bagian dari proyek museum yang mencerminjan tentang kehidupan London selama pandemi. Proyek dibuat sebagai dokumentasi bagi generasi di masa yang akan datang.

Serangkaian kegiatan yang akan didokumentasikan, semisal rekaman adzan dari Masjid Noor yang terletak di Hackney, London Timur serta mendokumentasikan pengalaman pemuda Muslim di London barat.

“Kami sedang dalam proses mengumpulkan berbagai barang mulai dari foto, rekaman film dan audio dan benda-benda fisik untuk menceritakan kisah keluarga ini,” kata Aisling Serrant, yang memimpin proyek tersebut.

Karena pandemi, berbagai kegiatan khas Ramadhan, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman serta mengunjungi masjid, tidak dapat dilakukan tahun ini karena diberlakukannya jarak sosial.

“Jadi sangat penting untuk menangkap pengalaman keluarga di masa sulit seperti sekarang,” kata Serrant seperti dilansir Belfast Telegraph, Senin (29/6).

Dia berharap, semua item akan masuk dalam database online sehingga bisa dinikmati lebih banyak penikmat seni. (RB)