Peran Santri dalam Memajukan Perekonomian NKRI

0
16
Peran Santri dalam Memajukan Perekonomian NKRI
Peran Santri dalam Memajukan Perekonomian NKRI

Ibadah.co.id – Pesantren memiliki potensi besar dalam upaya menumbuhkan perekonomian karena pesantren merupakan lembaga pendidikan untuk mencetak manusia yang religius dan mandiri. Dimana santri menjadi salah-satu komponen penting dalam memajukan perekonomian bangsa dan mengisi pembangunan ekonomi, melalui etika dan ajaran yang selama ini diterapkan kaum santri dimana identik dengan kejujuran, amanah, profesionalisme dan rasa tanggung jawab.

 Karakteristik santri ini merupakan sesuatu yang inherent melekat pada jiwa santri bahwa hidup adalah perjuangan untuk mengabdi kepada bangsa yang mutlak harus dilakukan oleh santri dengan beragam cara. Salah satunya dalam hal memajukan perekonomian, Peran santri dalam pengembangan ekonomi umat khususnya usaha mikro yang ada di sekitar pondok pesantren telah banyak dilakukan terutama dalam berinteraksi ekonomi dengan masyarakat.

 Peran lembaga Pondok Pesantren telah membuktikan dengan mencetak puluhan juta santri dengan berbagai bekal pembangunan bangsa yang berkontribusi besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional banyak digerakkan oleh kaum sarungan ini, yang dampaknya banyak menghasilkan tenaga kerja.

 Jumlah pelaku usaha indonesia yang mendominasi sektor mikro khususnya banyak dihuni kaum santri. Hal ini mengindikasikan bahwa peran santri dalam pengembangan usaha berbasis pelibatan ekonomi masyarakat potensial untuk menjadi penyangga perekonomian di indonesia dari pengaruh berbagai macam bentuk krisis yang ada.

  Santri memiliki dua peran dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan sekaligus sebagai penggerak ekonomi dalam kehidupan  masyarakat, yakni sebagai sumber Authoritatif ialah yang berperan sebagai imam atau ulama yang menjadi tempat bertanya masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan keagamaan yang ada di dalam masyarakat. Dan sebagai sumber persuasif, yakni mampu masuk ke sektor apapun seperti Pengusaha, Pegawai Swasta, PNS, Aktivis Politik dan lain sebagainya.

Dengan menjalangkan kewajiban- Nya mereka akan mampu menerapkan nilai-nilai Islam yang sesuai dengan profesi yang digeluti, yang akan menjadikan hasil dari upaya dan kerja keras- Nya menjadi lebih berkah, yang menumbuhkan ekonomi syariah yang diharapkan dapat mengangkat ekonomi menengah ke bawah. Apalagi di masa ketidakpastian perang dagang antara Amerika dengan China ekonomi syariah yang menjadi salah satu alternatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dimana santri memiliki peran yang sangat penting karena mereka telah menerapkan ajaran yang selama ini diterapkan didalam pondok pesantren dimana identik dengan kejujuran, amanah, profesionalisme dan rasa tanggung jawab.

Siti Ainun Ahmad – Institut Agama Islam As’adiyah Sengkang