POSPENAS VIII Diluncurkan, Menag Fachrul Razi: Santri Harus Sehat, Cerdas, dan Amanah

POSPENAS VIII Diluncurkan, Menag Fachrul Razi: Santri Harus Sehat, Cerdas, dan Amanah
POSPENAS VIII Diluncurkan, Menag Fachrul Razi: Santri Harus Sehat, Cerdas, dan Amanah

Ibadah.co.id –Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan, santri Indonesia harus sehat, cerdas, dan amanah. Pesan ini disampaikan Menag saat meluncurkan Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) VIII di Jakarta.

“Santri itu harus sehat, cerdas, dan amanah. Amanah kepada orang tua, kepada bangsa dan negara, serta kepada Allah SWT seperti itulah semestinya santri Indonesia,” pesan Menag, Jumat (22/11/2019).

Menurut Menag, Pospenas merupakan kegiatan berskala besar yang akan diikuti oleh ribuan santri dari seluruh Indonesia. POSPENAS VIII kali ini, akan dilaksanakan mulai tanggal 25-30 November 2019.

“Saya kebetulan tidak bisa menghadiri pembukaannya nanti karena harus mendampingi Bapak Wapres. Tapi saya ingin, semangat santri Indonesia harus digelorakan. Santri Indonesia, sehat, cerdas, dan amanah,” tegas Menag.

POSPENAS sendiri merupakan ajang pembinaan santri yang tergabung dalam pondok pesantren. Sasaran kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tiga tahun sekali ini adalah untuk menggali potensi para santri di bidang olah raga dan seni.

Berdasarkan catatan panitia, ada sekitar 1.541 atlet santri dan 589 seniman santri yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini.  “Akan ada enam mata lomba olah raga yang dipertandingkan, dan beberapa pertandingan seni. Termasuk ada stand up comedy,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin.

Adapun cabang-cabang olahraga yang diperlombakan meliputi atletik, bola voli, pencak silat, futsal, senam santri, dan cabang hadang.

Sedangkan cabang seni yang diperlombakan adalah kaligrafi, hiasan mushaf Al Quran, pidato tiga bahasa, seni lukis Islami, seni kriya, seni hadrah, cipta dan baca puisi, serta stand up comedy.

Kamaruddin juga menyampaikan, POSPENAS juga menjadi wahana perekat kerukunan silaturahmi antara pondok pesantren. “Seluruh pondok pesantren di Indonesia bisa berpartisipasi. Tidak kita batasi. Mulai dari ponpes salafi hingga modern,” ujar Kamaruddin.

Kamaruddin menyampaikan, POSPENAS VIII ini terselenggara berkat kerjasama berbagai pihak. Mulai dari Kemenko PMK, Kemenag, Kemendagri, Kemenpora, Kemenpar, Kemendikbud, serta pemerintah daerah.

Peluncuran Pospenas VIII ditandai dengan pelepasan balon warna merah dan putih di halaman Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat no.3-4. Kegiatan yang dilaksanakan sebelum senam pagi ini, juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan, dan Asisten Deputi (Asdep) Urusan Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama, dan Keagamaan, Kemenko PMK, Sahlan Masduki. (ed.AS/ibadah.co.id/kemenag)