Rilis Gerakan Peduli Bencana, DWP Kemenag : Donasi Terkumpul 1,2 M

1
16
Rilis Gerakan Peduli Bencana, DWP Kemenag : Total Donasi Terkumpul 1,2 M
Rilis Gerakan Peduli Bencana, DWP Kemenag : Total Donasi Terkumpul 1,2 M

Ibadah.co.id  Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) RI merilis Gerakan Peduli Bencana. Mengusung tema ‘Bersinergi, Berbagi Rizki, Mengembalikan Energi’, acara ini digelar di Rumah Dinas Menteri Agama Komplek Widya Chandra, Jakarta  pada Selasa (2/2) dan diikuti oleh 500 lebih anggota DWP Kemenag se-Indonesia secara virtual. 

Berangkat dari kepedulian dan niat mulia untuk membantu para korban bencana alam, DWP Kemenag sepakat menggagas Gerakan DWP Kemenag Peduli Bencana. Hal ini disampaikan oleh Eny Yaqut Cholil, Penasihat DWP Kemenag.

“Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama juga merasakan keprihatinan dan duka yang sama. Untuk itu, kita wajib berbuat sesuatu yang dapat meringankan beban mereka yang tertimpa bencana,” ujar Eny.

Ketua DWP Kemenag  Farichah Nizar menyampaikan donasi yang telah terkumpul sebanyak Rp1.221.202.950, yang berasal dari DWP Kemenag se-Indonesia, termasuk DWP Kanwil Kemenag dan DWP Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). 

Selain itu, Eny Yaqut juga turut melelang 34 lukisan terbaiknya untuk gerakan peduli bencana ini.

“Donasi yang terkumpul ini akan segera disalurkan bagi masyarakat terdapat bencana di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat,” ungkap Farichah.

Bantuan tersebut akan disalurkan dalam berbagai bentuk, mulai dari dana untuk rumah ibadah terdampak, sembako, selimut, obat-obatan, maupun tenda serta mesin air.

Farichah Nizar juga menambahkan, pendistribusian barang dilakukan berdasarkan permintaan masyarakat terdampak yang telah diverifikasi oleh tim DWP Kemenag di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.  

“Seluruh pembayaran pembelanjaan dilakukan dengan metode transfer. Saya ingatkan juga, semua dana donasi yang terkumpul tidak diperkenankan untuk digunakan sebagai biaya transportasi penyerahan bantuan. Biaya transportasi maupun tips  bagi penerima bantuan diambil dari dana kas DWP Kemenag,” pesan Farichah. (EA)