UAS Akan Ceramah di Pematangsiantar, Sesi Tanya Jawab Ditiadakan

UAS Akan Ceramah di Pematangsiantar, Sesi Tanya Jawab Ditiadakan
UAS Akan Ceramah di Pematangsiantar, Sesi Tanya Jawab Ditiadakan

Ibadah.co.id – Ustad Abdul Somad (UAS) Batubara lusa akan mengisi tausiah di Kota Pematangsiantar pada 25 Agustus 2019. UAS yang kini viral dengan video ‘salib jin kafir’ diundang dalam rangka acara Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriyah sudah dari tahun lalu, sebelum cuplikan video yang bikin pro-kontra itu.

Itu ditegaskan oleh ketua Panitia Gebyar Tahun Baru Islam Armaya Siregar. Menurutnya UAS akan mengisi tausiah di Masjid Raya Kota Pematangsiantar sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Lamanya sekitar 30-40 menit.

Armaya menitik beratkan bahwa dalam tausiah itu pihak panitia sepakat meniadakan sesi tanya jawab dengan jemaah.

“Kami tidak membuka sesi tanya-jawab. Kalau itu (sesi tanya-jawab) kan harus di ruangan khusus. Kami hanya tausiah. Walau pun di mesjid tempat tertutup, kita tidak tahu siapa saja audiens yang datang,” katanya saambil menegaskan kalau setelah ceramah, UAS langsung berangkat ke Kota Medan.

Dan juga Armaya memastikan UAS tidak akan bermalam di kota yang dikenal juga dengan tingakat toleransi yang tinggi itu. Peringkat toleransinya diurutan ke tiga di Indonesia setelah Kota Singkawang dan Salatiga versi Setara Institute 2018.

Mengenai viralnya video UAS beberapa hari ini yang biki ramai di jagat maya, Armaya menjelaskan panitia telah meminta UAS mengisi tausiah sejak setahun yang lalu. Ia membantah jika mengundang karena ada video ceramah UAS yang tengah viral.

“Kami sudah meminta jauh-jauh hari karena jadwal Pak Abdul Somad sangat padat. Ini kan jadwal lama,”k atanya seraya mengatakan sebelum ke Siantar, UAS mengisi tausiah di Perdagangan Simalungun. (ed.AS/ibadah.co.id/tribunmedan)