MUI Lakukan Cek Kehalalan Vaksin China, Jubir Wapres: Perlu Kehati-Hatian

0
9
MUI Lakukan Cek Kehalalan Vaksin China, Jubir Wapres: Perlu Kehati-Hatian
MUI Lakukan Cek Kehalalan Vaksin China, Jubir Wapres: Perlu Kehati-Hatian

Ibadah.co.id – Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin sedang menunggu informasi terkait hasil pengecekan kehalalan vaksin dari China.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi saat ditanya terkait halal vaksin China mengatakan sampai sekarang masih menunggu dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Soal kehalalan vaksin sampai sekarang belum ya karena MUI belum melaporkan, saya kira MUI akan sangat berhati-hati untuk urusan vaksin sampai betul-betul fix, baru kemudian akan dilaporkan kepada wapres,” ujar Masduki saat video conference dengan wartawan, dikutip dari Republika, Jumat (06/11).

Kehalalan vaksin sebagai simbol yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat khusus yang terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai dengan aturan agama Islam.

Sampai sekarang, Masduki menambahkan, pihaknya belum menerima informasi terkait kehalalan vaksin. Sebab, MUI butuh ketelitian secara intens guna melabeli halal pada vaksin China dan digunakan seluruh umat Islam di Indonesia.

“Karena ini tidak sederhana, ini verifikasi ke China itu kan ada dua orang, satu yang punya keahlian di bidang kehalalan produk ya dan itu memang orang-orang yang ahli di bidang itu, yang satu adalah yang berkaitan dengan fatwa. Jadi orang yang mengerti urusan keagamaan, fatwa halal seperti apa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan setelah dirinya pulang nanti, namun tidak langsung mengklaim vaksin tersebut halal namun melalui siding fatwa LPPOM MUI.


“Jadi ini memang prosesnya panjang dan tidak mungkin (MUI) tidak berkoordinasi dengan pemerintah, pasti akan dilaporkan ke Wapres,  lalu kapan pemerintah akan mengeluarkan (vaksin) kita akan berkonsultasi dengan MUI terkait kehalalan,” ungkapnya. (HN/Kontributor)