Wapres Ma’ruf Amin Pastikan Hak Calon Jamaah Haji Aman

0
139
Politikus PDI Minta Ma'ruf Amin Tunda Pertemuan Habib Rizieq, Ini Alasannya
Politikus PDI Minta Ma'ruf Amin Tunda Pertemuan Habib Rizieq, Ini Alasannya

Ibadah.co.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin pastikan hak jamaah haji yang gagal mengikuti ibadah haji tahun ini tidak akan hilang. “Mereka tidak berangkat karena suatu hal, ketika ditunda, haknya tetap seperti yang kemarin,” ujar Ma’ruf dalam video conference, Senin (8/6).

Menurut Ma’ruf Amin, dana yang sudah dibayar oleh calon jemaah haji pun tidak akan hilang. Menurut dia, calon jemaah haji juga bisa menarik dana tersebut. Namun, ketika dana tersebut tidak ditarik, maka dana tersebut akan dikelola oleh lembaga yang ditunjuk oleh Undang-Undang, yakni Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Tak hanya soal dana calon jemaah haji, Ma’ruf Amin pun mengatakan yang gagal mengikuti ibadah haji tahun ini tetap akan diberangkatkan di tahun berikutnya. Ma’ruf Amin pun menambahkan, pembatalan ibadah haji tahun ini disebabkan belum adanya keputusan resmi dari pemerintah Arab Saudi juga demi kesehatan calon jemaah haji.

Menurut Ma’ruf, tidak ada yang bisa menjamin jemaah haji tidak akan tertular Covid-19 selama di perjalanan. “Kalau terjadi penularan, 1 pesawat harus masuk karantina semua. Maka itu akan menyulitkan. Karena itu yang paling maslahat tahun ini adalah ditiadakan,” katanya. (RB)