Pertama di Dunia, BWI Resmi Luncurkan Indeks Wakaf Nasional

Pertama di Dunia, BWI Resmi Luncurkan Indeks Wakaf Nasional
Pertama di Dunia, BWI Resmi Luncurkan Indeks Wakaf Nasional

Ibadah.co.id –Badan Wakat Indonesia (BWI) resmi mengusung Indeks Wakaf Nasional (IWN) sekaligus merilis Pusat Antara Universitas (PAU) Wakaf, Jumat (16/4). Dikatakan, IWN ini merupakan yang pertama di dunia dan menjadi tolak ukur kinerja perwakafan nasional.

IWN adalah hasil kolaborasi dari empat universitas yang coba mengukur standar pengelolaan wakaf di Indonesia. Indeks ini rencananya akan menjadi alat ukur kinerja perwakafan baik di tingkat nasional maupun wilayah.

Hal ini disampaikan oleh Guru Besar Universitas Airlangga, Raditya Sukmana secara virtual dalam Talkshow perdana Research Expose kolaborasi BWI dan DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia.

“Pengukurannya berdasar pada data yang diinput oleh otoritas wakaf di tingkat lokal yang kemudian dapat diagregasi di tingkat nasional,” ujarnya.

Baca Juga : Kembangkan Ekosistem Digital Wakaf, BWI Luncurkan Wakaf Super Apps

IWN terinspirasi dari Indeks Zakat Nasional yang sudah diterapkan dan memberikan banyak manfaat. Lebih lanjut ia mengatakan, indeks ini akan diusulkan ke tingkat global karena hingga saat ini belum ada alat ukur bagi performa wakaf di dunia.

“Kita di Indonesia berangkat dari berbagai tantangan yang ada dalam perwakafan, mulai dari banyaknya aset tanah wakaf namun kurang produktif, rendahnya literasi, perlunya peningkatan kapasitas nazir, dan lainnya,” ujar Raditya. (EA)

Baca Juga : Bulan Ramadan, Momentum Kampanyekan Literasi Wakaf Uang

Baca Juga : Tingkatkan Ekonomi Warga, Nahdliyin Jombang Gelar Bazar Ramadan

3 COMMENTS