DWP Kemenag Gelar Halal Bihalal, Eny Yaqut Tekankan Moderasi Beragama

DWP Kemenag Gelar Halal Bihalal, Eny Yaqut Tekankan Moderasi Beragama
DWP Kemenag Gelar Halal Bihalal, Eny Yaqut Tekankan Moderasi Beragama

Ibadah.co.id –Dalam rangka mempererat tali silaturahmi, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag RI hari ini menggelar Halal Bihalal Nasional 1442H/2021M. Dalam kesempatan itu, Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut menyampaikan bahwa salah satu kebijakan dan program unggulan Kementerian Agama adalah moderasi beragama.

Ia menyebut hadirnya kebijakan moderasi beragama ini bersumber pada fakta bahwa masyarakat Indonesia sangat plural-multikultural, baik suku, etnis, agama, bahasa, budaya, dan secara geografis adalah negara kepulauan terbesar.

“Fakta empiris menunjukkan bahwa provokasi, ujaran kebencian, serta hasutan untuk melakukan kekerasan yang terjadi baik di sosial media dan hubungan kemasyarakatan secara real yang dibungkus dengan berbagai hegemoni dan identitas,” ujarnya.

Dengan demikian, tegas Eny, tidak hanya menjadi tugas pemerintah atau Kementerian Agama saja, melainkan tugas semua pihak, untuk mensyukuri dan menghargai keberagaman tersebut serta harus mampu mengelola perbedaan-perbedaan dengan baik dan bijaksana demi persatuan nasional dan kemajuan bangsa Negara Indonesia.

“.. mengundang narasumber yang sangat mumpuni akan memberikan kita pencerahan tentang apa, bagaimana dan mengapa mempererat silaturahim dalam kebersamaan dan keberagaman menjadi sesuatu yang sangat penting. Semoga acara ini berjalan dengan lancar serta kegiatan-kegiatan DWP seterusnya dapat lebih berkesinambungan, konstruktif, dan positif,” tandas Eny.

Acara ini diikuti ratusan peserta secara daring dan menghadirkan ulama kharismatik KH Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha.

Hadir mendampinggi Eny Retno Yaqut, Penasihat DWP Kemenag Halimah Zainut Tauhid, Ketua DWP Kemenag, Farikhah Nizar Ali dan jajaran pengurus. Sementara peserta yang mengikuti Balal Bihalal berasal dari DWP Kemenag provinsi dan kabupaten/kota serta DWP PTKN se Indonesia. (EA)

Baca Juga : Komitmen DWP Kemenag Jadi Agen Moderasi Beragama di Tengah Masyarakat