Gandeng JMA Syariah, Takaful Umum Gelar Webinar Asuransi Syariah

Gandeng JMA Syariah, Takaful Umum Gelar Webinar Asuransi Syariah
Gandeng JMA Syariah, Takaful Umum Gelar Webinar Asuransi Syariah

Ibadah.co.id – Dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi di kalangan muda, Takaful Umum dengan menggandeng PT Jasa Mitra Abadi Syariah, bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII (Universitas Islam Indonesia) Yogyakarta, telah melaksanakan event webinar bertema “Asuransi Syariah untuk Milenial” pada hari Kamis (11/11/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi UII Yogyakarta dimana pembukaan webinar disampaikan oleh Bapak Beni Suranto selaku Direktur Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII, Bapak Achmad Masfuri sebagai Direktur Utama PT Asuransi Takaful Umum, dan Bapak Basuki Agus selaku Direktur Utama PT Jasa Mitra Abadi Syariah. Sesi pertama pemaparan materi diisi oleh Wakil Manager Takaful Institute, Bapak Fajar Nindyo, dan disambung dengan sesi kedua oleh Bapak M. Daroni sebagai Manager Sales Area PT Jasa Mitra Abadi Syariah.

Dalam mengawali pemaparan sesi pertama, dipresentasikan tentang struktur usia penduduk Indonesia dimana berdasarkan data BPS, terdapat 6 (enam) golongan yaitu Pre-Boomer, Baby Boomer, Generasi X, Milenial, Generazi Z, dan Post Gen Z. Adapun Generasi Milenial adalah penduduk Indonesia yang lahir pada rentang tahun 1981 sampai 1996 dengan perkiraan usia saat ini antara 24 sampai 39 tahun. Secara statistik, golongan ini menduduki peringkat kedua terbesar (25,87%) setelah Generasi Z (27,94%) pada pengukuran BPS di tahun 2020. Peringkat selanjutnya diduduki oleh Generasi X (21,88%), Baby Boomer (11,56%), Post Gen Z (10,88%), dan Pre-Boomer (1,87%).

Generasi Milenial sendiri antara lain dicirikan dengan sejumlah karakteristik khusus dan unik, diantaranya : (1) Mendominasi pengguna internet di Indonesia; (2) Tingkat loyalitas yang rendah; (3) Lebih menyukai transaksi non tunia; (4) Mudah beradaptasi dan bekerja efektif; (5) Mampu melakukan multitasking; (6) Ingin liburan kapan saja dan di mana saja; (7) Cuek dengan hiruk-pikuk politik; (8) Suka berbagi dan peduli dengan masalah sosial; dan (9) Lebih mengutamakan akses dibanding kepemilikan.

Namun demikian, adanya gaya hidup yang dinamis, ditambah minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan yang bak membuat Generasi Milenial merasa kesulitan untuk mengatur keuangan mereka. Salah satunya adalah minimnya pengetahuan, akses, dan kepemilikan polis asuransi, termasuk asuransi syariah. Sementara, risiko kehidupan akan selalu mengitari kehidupan Generasi Milenial yang dapat berakibat pada terganggungnya neraca keuangan individu. Dari sisi inilah diperlukan adanya upaya untuk menyediakan proteksi asuransi syariah yang sejalan dengan prinsip kaidah maqasid syariah dalam ajaran Islam.

Dalam scope yang lebih spesifik, guna mewujudkan kebaikan atau manfaat dan menolak kemudharatan (dar’u al-mafaasid wa jalb al-masaalih) maka terkait perkara menjaga kemasalahan jiwa (hifz al-nafs), para mahasiswa dan mahasiswi UII dapat memanfaatkan produk asuransi Takaful Kecelakaan Diri yang selama ini sudah disediakan fasilitasnya oleh Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII Yogyakarta bekerja sama dengan PT Asuransi Takaful Umum. Namun demikian, apabila dirasa fasilitas tersebut belum optimal, para mahasiswa dan mahasiswi UII dapat mengajukan asuransi kecelakaan diri diluar program yang sudah ada. Apalagi program tersebut saat ini baru sebatas mencakup peserta mahasiwa da mahasiswi pada jemjang sarjana (S1) saja dan belum menyentuh semua level atau jenjang pendidikan di UII Yogyakarta.

Dalam acara webinar yang diikuti hampir oleh 100 (seratus) peserta tersebut muncul banyak pertanyaan dari mahasiswa dan mahasiswi UII berkaitan dengan bagaimana strategi dan cara yang efektif agar keberadaan asuransi syariah dapat lebih mudah diterima oleh orang-orang seusia maupun di lingkungan keluarga terdekat. Juga syarat-syarat apa saja yang diperlukan jika seseorang ingin mengikuti program asuransi di Takaful Umum, termasuk bagaimana cara yang dapat ditempuh untuk memilih perusahaan asuransi yang sehat. Sistem atau mekanisme pengelolaan dana asuransi di perusahaan asuransi syariah juga mendapat perhatian melalui sejumlah pertanyaan yang muncul saat sesi tanya jawab berlangsung.

Antusiasme peserta dari mahasiswa dan mahasiswi UII Yogyakarta mencerminkan rasa penasaran yang tinggi terhadap asuransi syariah dimana ajang webinar tersebut juga dimanfaatkan sebagai acara sosialisasi Asuransi Kecelakaan Diri UII Yogyakarta yang telah diterbitkan oleh PT Asuransi Takaful Umum. Dan setelah melihat respons positif atas webinar tersebut, Ibu Filia Ananditha, Agency Department Head, sebagai inisiator kegiatan berencana akan memperluas event sejenis di perguruan tinggi lainnya di seluruh Indonesia. (Mr)