Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Kemenag Apresiasi Jawa Barat Sebagai Rumah Bersama Umat Beragama

2 88

Ibadah.co.id –Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar mengapresiasi Pemerintah Daerah, FKUB, dan tokoh agama Jawa Barat yang mendeklarasikan komitmen untuk menjadikan Provinsi Jawa Barat sebagai rumah bersama seluruh umat beragama.

Komitmen ini menurut Nizar sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dimana didalamnya terdapat moderasi beragama.

“Ini luar biasa, saya kira bisa menjadi pilot project. Motto yang diusung bisa menjadi guide line untuk kita semuanya. Kita banyak kesamaan pandangan, kesamaan persepsi, kesamaan langkah untuk mewujudkan semua wilayah kita ini sebagai rumah semua agama,” kata Nizar.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan komitmen untuk menjadikan Jawa Barat sebagai rumah bersama umat beragama tidak terlepas dari kesadaran akan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi harus dipahami bahwa Indonesia lahir dari persamaan. Kesamaan nasib dijajah oleh kaum kolonial,” ujarnya.

Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dengan mewujudkan wilayah yang dapat menjadi rumah bersama semua umat beragama.

“Oleh karena itu dari bimbingan dari Kemenag dan kerjasama FKUB serta seluruh tokoh agama, kita akan bersama-sama mewujudkan hal tersebut,” tuturnya.

Kakanwil Kemenag Jawa Barat Adib mendukung langkah ini.  “Deklarasi Jawa Barat sebagai rumah besar bagi seluruh umat beragama ini luar biasa. Ini patut dicontoh, dan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat,” tutur Adib. 

Di akhir acara, para tokoh agama membacakan deklarasi kerukunan dan komitmen untuk mewujudkan Jawa Barat sebagai rumah bersama umat beragama. Penandatanganan deklarasi ini disaksikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar. (EA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

2 Comments
  1. […] Joko Widodo berkomitmen untuk selalu meneguhkan moderasi beragama dalam kehidupan masyarakat. Moderasi beragama menjadi bagian tak terpisahkan dari jati diri bangsa yang sesuai dengan karakter bangsa […]

  2. […] Joko Widodo berkomitmen untuk selalu meneguhkan moderasi beragama dalam kehidupan masyarakat. Moderasi beragama menjadi bagian tak terpisahkan dari jati diri bangsa yang sesuai dengan karakter bangsa […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy