Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Kemenag Rilis Surat Edaran Prokes Idul Adha Mulai dari Takbiran Hingga Kurban

2 24

Ibadah.co.id –Sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19, Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 15 Tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan shalat Idul Adha 1442 Hijriah/2021 dan pelaksanaan kurban di masa pandemi Covid-19.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, SE tersebut merupakan panduan dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada semua zona risiko penyebaran Covid- 19.

“Ini diterapkan dalam rangka melindungi masyarakat. Untuk memberikan rasa aman kepada umat Islam di tengah pandemi Covid-19 yang belum terkendali dan munculnya varian baru, ” ujar Yaqut dalam siaran pers Kemenag, Rabu (23/6).

Dengan demikian, perlu dilakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam penyelenggaraan shalat Idul Adha dan pelaksanaan kurban 1442 Hijriah.

Adapun salah satu poin aturan dalam SE tersebut yakni mengenai takbiran. Rinciannya adalah, malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid/mushala dengan sejumlah ketentuan.

Pertama, takbiran dilaksanakan secara terbatas, paling banyak 10 persen dari kapasitas masjid/mushala, dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Kedua, kegiatan takbir keliling dilarang untuk mengantisipasi keramaian atau kerumunan,” demikian bunyi salah satu poin dalam edaran tersebut. Ketiga, kegiatan takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid/mushala sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid/mushala.

Yaqut melanjutkan, SE Nomor 15/2021 itu ditujukan kepada jajaran Ditjen Bimas Islam, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kankemenag Kab/Kota, Kepala KUA Kecamatan, pimpinan Ormas Islam, pengurus masjid dan musahla, panitia peringatan hari besar Islam, serta masyarakat muslim di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Pemerintah Ubah Libur Nasional, Menag : Ini Ikhtiar Selamatkan Indonesia dari Corona

“Pejabat Kementerian Agama di tingkat pusat melakukan pemantauan pelaksanaan SE ini secara hierarkis melalui instansi vertikal yang ada di bawahnya,” tambahnya. (rilis/EA)

Baca Juga : Kemenag Terbitkan Edaran Pembelajaran Bagi Madrasah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

2 Comments
  1. […] – Mendekati momen Idul Adha, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau kepada umat Islam agar tetap mematuhi protokol kesehatan […]

  2. […] – Mendekati momen Idul Adha, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau kepada umat Islam agar tetap mematuhi protokol kesehatan […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy