Tiga Amalan yang Bisa Menjamin Hidup Seseorang

Ibadah.co.id – Semua makhluk hidup, sudah Allah persiapkan segala sesuatunya. Mulai dari hal yang paling kecil bahkan dianggap remeh.
Akan tetapi hal tersebut bukan suatu alasan bagi manusia untuk tidak berusaha dalam berbagai hal. Sebab, meskipun Allah telah menyediakan semuanya, kita masih dituntut untuk berusaha dan berupaya dalam mendapatkannya.

Ada tiga amalan yang apa bila kita istiqamah melaksanakannya, akan Allah jamin hidupnya.

1. Orang yang Masuk Rumah dengan Mengucapkan Salam

Allah akan menjamin rezeki seseorang yang masuk rumah dengan megucapkan salam, baik di dalam rumah tersebut ada orangnya atau tidak ada.

Adapun ucapan salam saat akan memasuki rumah, sama seperti salam pada umumnya. Apabila di dalam rumah itu tidak ada orangnya maka lafal salam yang diucapkan adalah

“Assalaamualaika ayyuhan nabiyyu warahmahtullaahi wabarakatuh. Assalaa mualainaa waalaa ibaadillaa hisshalikhiin”. (lafal yang sering kita lafalkan saat tahiyat dalam salat.)

2. Keluar Rumah untuk Keperluan Pergi ke Masjid

Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan kepada suatu amal perbuatan yang dapat menghapus kesalahan (dosa) dan meninggikan drajat?”

Para sahabat menjawab, “Ya, wahai Rasulullah.” Rasulullah bersabda, “Yaitu; menyempurnakan wudhu’ dalam kondisi sulit, banyaknya langkah menuju masjid, menunggu salat setelah mendirikan salat. Itulah ar-ribath (kebaikan yang banyak).” (HR. Muslim).

3. Orang yang Keluar Rumah dengan Tujuan Jihad Kepada Allah

Jihad di zaman sekarang tidaklah sama dengan jihad di zaman Nabi Muhammad Saw. Jihad di Zaman Nabi yakni dengan berperang, akan tetapi jihad paling besar di akhir zaman ini adalah melawan hawa nafsu.

Sebagaimana hadis Nabi, “Apakah amal yang paling utama?” Beliau menjawab, “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Beliau ditanya lagi, “Kemudian amal apalagi?” Beliau menjawab; ”Al-jihad fi sabilillah.” Beliau ditanya lagi; “kemudian amal apalagi?” Beliau menjawab, “Haji yang mabrur.” (HR. Bukhari-Muslim).

Adapun pada hadis yang lain, Abu Hurairah bertanya kepada Rasulullah Saw: “Amal apakah yang dapat menyamai jihad fi sabilillah?” Rasulullah menjawab, “Kamu tidak akan sanggup melaksanakannya.” Pertanyaan tersebut diulang sebanyak tiga kali, akan tetapi Nabi menjawab dengan jawaban yang sama, “Kamu tidak akan sanggup melaksanakannya.” Kemudian Rasulullah Saw bersabda, “Perumpamaan orang yang berjihad fi sabilillah itu seperti orang yang puasa dan salat, serta membaca ayat-ayat Allah dan ia tidak berbuka dari puasanya dan tidak berhenti dari salatnya sehingga orang yang berjihad fi sabilillah itu kembali.” (HR. Muslim).

Itu merupakan 3  amalan hal kecil yang sering kita remehkan, padahal tanpa kita sadari hal kecil tersebut ternyata berpahala besar. (HN/Kontributor)