H Basit, Pejuang Dana Pesantren

0
219

Ibadah.co.id-Di usia yang tua, mungkin yang terpikirkan hanyalah menikmati hasil. Namun, tidak bagi H. Basit. Sosok tokoh yang begitu mashur di pesantren Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur, Gapura, Sumenep.

Meskipun rumah mewah dan memiliki bisnis toko di Jakarta. Beliau tidak serta merta melupakan Nasy’atul Muta’allimin yang telah memberinya ilmu serta membesarkannya. Sebab, Nasymut adalah rumah di mana ia akan kembali dan harus dirawat.

Sejak tahun 70-an, beliau memutuskan untuk mengabdi di Nasy’atul Muta’allimin. Sejak saat itu, santrinya hanya dua orang, salah satunya Alm. KH. Afif Ma’ruf. Keputusan tersebut didukung oleh kedua orang tuanya.

Sejak saat itu, beliau diutus langsung oleh Alm. KH. Zubairi Marzuki dan KH. Asy’ari Marzid untuk mencari dana pesantren. Beliau mampu membagi waktu antara keluarga dan mencari dana pesantren. Pagi untuk keluarga dan siang untuk mencari dana pesantren.

Meski di usia tua sekarang, beliau masih menjadi sumber dana pesantren pada alumni-alumni. Namun kesehariannya, beliau lebih mengabdi di pesantren dan membantu pesantren bersama istrinya. (HN/Kontributor)

Sumber: Jurnal Imtihan Nasy’atul Muta’allimin