Cak Nun Sebut Syarif Rizieq Bukan Habib Rizieq, Ini Penjelasannya

0
12
Cak Nun Sebut Syarif Rizieq Bukan Habib Rizieq, Ini Penjelasannya
Cak Nun Sebut Syarif Rizieq Bukan Habib Rizieq, Ini Penjelasannya

Ibadah.co.id – Budayawan Nasional Emha Ainun Najib atau disapa Cak Nun mengatakan gelar “Habib” pada Rizieq Shihab tidak pantas melainkan gelar “Syarif” yang lebih cocok.

“Padahal yang memimpin 212 dan 411, siapa? Habib Rizieq, padahal dia itu bukan habib, dia itu ‘Syarif’ Rizieq,” kata Cak Nun seperti yang dilihat dalam video tersebut, dikutip dari RRI, Sabtu(14/11).

Penulis dan Budayawan Nasional tersebut menjelaskan alasan gelar “Syarif” pantas disandang pada Rizieq Shihab karena gelar itu diperuntukkan pada jalur  garis keturunan Sayyidina Husein.

Sementara itu, garis keturunan dari Sayyidina Hasan bin Ali memiliki gelar pada namanya dengan sebutan “Sayyid”.

 “Nah saya kalo manggil Rizieq itu ‘Rif, Syarif gitu’. memang dia seorang Syarif,” ujar dia.

Menurutnya, Rizieq Shihab bukanlah seorang habib. Sebab, gelar habib itu tidak ada hubungannya dengan dzurriyatul Rasul atau keturunan nabi.

“Kalau yang habib dari jazirah Arab itu adalah orang-orang dari Yaman dan negara-negara pinggiran yang datang ke Makkah atau Madinah untuk mencari Rasulullah, karena mereka sangat kagum dan sangat mencintai rasulullah, maka mereka disebut Habib karena mereka seorang yang cinta kepada Rasulullah, nah itu habib yang dari sana,” tandasnya. (HN/Kontributor)