Hassan Akhund, Veteran Taliban yang Kini Pimpin “Islamic Emirate of Afghanistan”

Hassan Akhund, Veteran Taliban yang Kini Pimpin
Hassan Akhund, Veteran Taliban yang Kini Pimpin "Islamic Emirate of Afghanistan"

Ibadah.co.id –  Setelah mengumumkan pemerintahan baru bernama Islamic Emirate of Afghanistan kepada publik pada Selasa (7/9), Taliban juga telah menunjuk Mohammad Hassan Akhund sebagai perdana menteri sementara. Kemudian Mullah Abdul Ghani Barradar menempati posisi wakil.

Akhund berasal dari Kandahar, tempat kelahiran Taliban. Hassan Akhund merupakan veteran Taliban, rekan dekat sekaligus penasihat politik Mullah Omar. Ia adalah pendiri kelompok ini dan pemimpin tertinggi pertamanya.

Akhund ada dalam daftar sanksi PBB dan merupakan kepala lama badan pembuat keputusan kuat Taliban, Rehbari Shura, atau dewan kepemimpinan. Dia sebelumnya adalah menteri luar negeri dan kemudian wakil perdana menteri selama tugas terakhir Taliban berkuasa dari 1996-2001.

Para pengamat melihat, Akhund merupakan tokoh politik yang memiliki kendali di dewan kepemimpinan serta bisa memberi pengaruh dalam urusan militer.

Baca Juga : Sekilas tentang Mullah Baradar, Pendiri Taliban yang Akan Pimpin Afghanistan

Sebelumnya diketahui, Islamic Emirate of Afghanistan yang akan dipimpin oleh Taliban, juga telah menunjuk sejumlah pejabat lainnya, diantaranya Menteri Pertahanan dijabat Mullah Yaqoob, Menteri Luar Negeri diisi oleh Amir Khan Muttaqi dan Menteri Dalam Negeri dijabat Sirajuddin Haqqani.

Melansir AFP, bakal ada 19 kementerian, tiga direktorat dan tujuh wakil menteri serta seorang panglima militer. Namun, belum semua diumumkan kepada publik. (EA)

Baca Juga : “Islamic Emirate of Afghanistan”, Nama Pemerintahan Baru di Era Taliban