Perang Psikologis, Anak-Anak Gaza Tumbuh dengan Kondisi Mental yang Memprihatinkan

Perang Psikologis, Anak-Anak Gaza Tumbuh dengan Kondisi Mental yang Memprihatinkan
Perang Psikologis, Anak-Anak Gaza Tumbuh dengan Kondisi Mental yang Memprihatinkan

Ibadah.co.id-Tak dapat dimungkiri, serangan brutal yang dilakukan oleh Israel terhadap warga Gaza, bukan hanya mematikan secara fisik, namun juga mematikan secara mental, terutama pada anak-anak.

Trauma yang mendalam akibat terjadinya perang psikologis ini membuat anak-anak Gaza tumbuh dengan mental yang memprihatinkan.

Menurut Save the Children, anak-anak di Gaza menderita ketakutan dan kecemasan, kurang tidur, serta menunjukkan tanda-tanda kesusahan yang mengkhawatirkan, termasuk gemetar terus menerus dan mengompol.

Dr Khaled Yousef Melad, seorang psikiater Palestina dari wilayah yang terkepung, mengatakan bahwa Gaza mengalami apa yang disebut perang psikologis.

“Perang psikologis memiliki lebih banyak efek jangka panjang daripada kehancuran yang meluas. Faktanya, disabilitas psikologis lebih berbahaya daripada disabilitas fisik,” kata Melad seperti dikutip dari The New Arab, Rabu (2/6).

Studi terbaru menunjukkan bahwa dalam populasi sekitar satu juta anak – di mana lebih dari 40 persen berusia di bawah 14 tahun – sekitar 60 persen menderita gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Lebih dari 55 persen anak-anak menderita kecemasan.

Baca Juga : Bela Palestina, Eks Tentara Israel Ini Sebut Negaranya “Penjahat Perang”

“Dalam 20 tahun terakhir, anak-anak di Gaza telah menjadi sasaran perang berulang, kekerasan dan agresi oleh tentara Israel. Paparan perang ini telah mengakibatkan gangguan bencana pada anak-anak termasuk depresi, kecemasan, gangguan stres akut dan PTSD,” ungkap Melad.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu di jurnal ilmiah Swiss Frontiers in Psychiatry, 90 persen anak-anak dan remaja Palestina di Jalur Gaza pernah mengalami trauma pribadi, dan lebih dari 80 persen menyaksikan trauma orang lain.

Baca Juga : Israel Tutup Penyeberangan, Begini Nasib Para Pasien Kanker di Gaza

Intensitas pemboman baru-baru ini terjadi, menurut warga Palestina adalah yang terburuk yang pernah mereka lihat, sehingga akan berdampak buruk pada anak-anak dan keluarga mereka untuk generasi mendatang. (EA)

Baca Juga : Bangun Pemukiman di Gaza, Mesir : Untuk Generasi Muda yang Hak Hidupnya Terblokade Israel

1 COMMENT